PMI Kota Depok Terima 12 Donor Plasma Konvalesen

Kamis, 28 Januari 2021 - 08:11 WIB
Penyintas Covid-19 saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta. Foto: Arif Julianto/SINDOphoto
DEPOK - Hingga saat ini sudah ada 12 orang yang melakukan donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok . Mereka adalah penyintas Covid-19 yang mayoritas berstatus aparatur sipil negara (ASN).

“Ada12 itu yang sudah diambil darahnya,” kataKepala Unit Donor Darah PMI Depok, Widya Astriani, Kamis (28/1/2021). Para pendonor itu sebelumnya sudah diskrining oleh petugas. Mulanya ada 26 orang pendaftar namun setelah diseleksi hanya 12 orang yang lolos untuk donor.

“Daftar yang nyumbang sebagai gambarannya itu Jumat kemarin kita screening 26 orang yang dapat itu cuma 12. Jadi memang belum tentu yang sudah menderita Covid lalu negatif bisa diambil semua,” tukasnya. Pihaknyamembuka pendaftaran bagi pendonor.Pertama adalah pendaftaran melalui link Google form khusus yang nanti bisa diakses untuk oleh semua orang khususnya untuk pendonor yang yang yang telah sembuh dari Covid -19.

Selanjutnya, ada beberapa data yang harus diverifikasi. Misalnya hasil swab PCR terkahir. Setelah dinyatakan lolos maka petugas dari PMI akan memanggil dan menelpon pendonor atau yang calon pendonor sudah mengisi link tersebut. Lalu setelah setelah dipanggil pihaknya akan melakukan skrining.

Skrining ada enam tabung yang diambil untuk penyakit menular lewat transfusi darah antibodi antibodi sars cov-2 yang nantinya itu memang yang kita ambil yang digunakan untuk mengobati pasien tuh kan antibodi dari pasien yang telah sembuh itu ya. Terus setelah lengkap skrining anti body golongan darah. Titer antibody sars cov-2 sama satu lagi pemeriksaan menular yang lebih tinggi lagi metodenya,” paparnya.



Satu orang pendonormemakan waktu sekitar 30 menit untuk proses pengambilan. Setalah itu ada proses lagi yaitu seperti pembekuan supaya bisa disimpan dan didistribusikan ke yang membutuhkan. Untuk satu orang pendonor bisa dibagi menjadi tiga kantong.

“Satu kantong 200 CC. Sebenarnya pengambilannya itu tergantung berat badan. Semakin besar berat badannya semakin banyak,” tutupnya.
(mhd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More