Kasus Covid-19 Menurun, Kabupaten Bekasi Batal Gunakan Hotel Isolasi OTG

Senin, 09 November 2020 - 18:28 WIB
Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi membatalkan penggunaan hotel sebagai tempat isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
BEKASI - Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi membatalkan penggunaan hotel sebagai tempat isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayahnya. Alasannya, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi mengalami penurunan drastis.

”Kami batalkan penggunaan hotel, jumlah kasus warga yang terkonfirmasi positif corona sudah menurun, Kabupaten Bekasi sudah tidak lagi masuk zona merah. Kita berhasil kendalikan ledakan kluster industri,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah kepada SINDOnews, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, sebenarnya pada Oktober 2020 sudah direncanakan untuk menggunakan hotel sebagai tempat isolasi. Namun melihat perkembangan kasus aktif, baik yang terkonfirmasi maupun kontak erat mengalami penurunan.”Dalam dua minggu terakhir ini, Kabupaten Bekasi sudah keluar dari zona merah untuk penyebaran Covid-19 di Jawa Barat,” katanya.

Dengan alasan tersebut, kata dia, pemerintah daerah membatalkan penggunaan hotel sebagai tempat isolasi tidak jadi dilakukan. Hingga kini belum ada hotel di wilayahnya yang digunakan untuk mengisolasi warga kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Soalnya, warga yang ingin isolasi bisa datang ke tempat karantina di Bapelkes dan Wisma Ki Hajar Dewantara. (Baca: Masih Zona Merah, Kota Bekasi Justru Bersiap Gelar Sekolah Tatap Muka)

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi ini menjelaskan, penggunaan hotel sebagai tempat isolasi sama dengan rumah sakit. Namun karena jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami penurunan di Kabupaten Bekasi.”Kami sudah siapkan hotel sebagai tempat isolasi, dan harapannya tidak digunakan. Dan itu terjadi,” jelasnya.



Sejauh ini, lanjut dia, Kabupaten Bekasi terus berupaya maksimal melakukan trecing, testing, dan tritmen, sehingga kasus ini cepat melandai dan selesai. Harapanya, walaupun setiap harinya ada beberapa warga yang terkomfirmasi positif Covid-19, namun warga yang dinyatakan sembuh dari virus corona juga melonjak drastic.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More