7 Klaster COVID-19 di Indonesia, Tiga Klaster Paling Disorot

Kamis, 17 September 2020 - 07:01 WIB
"Perlu kami sampaikan bahwa sekolah yang dibuka adalah sekolah-sekolah dari zonasi risiko hijau yaitu tidak ada kasus atau sudah tidak ada kasus baru. Dan juga zona kuning," ungkapnya, Kamis 13 Agustus 2020.

5. Klaster Angkutan

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyoroti klaster penyebaran virus Corona di angkutan umum. Doni menilai ada peningkatan penyebaran virus corona di angkutan umum, dalam beberapa waktu belakangan ini, hingga menjadi sebuah klaster. (Baca juga; Klaster COVID-19 Angkutan Umum Disorot, Perkantoran Harus Siasati Jam Kerja )

"Akhir-akhir ini penularan lebih sering terjadi di pasar di tempat kerja bahkan kita telusuri apa penyebabnya khusus (penularan) di tempat kerja. Rata-rata mereka yang terpapar ini lebih banyak menggunakan transportasi umum," ujar Doni, Minggu, 30 Agustus 2020.

6. Klaster Industri

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menyebut, dalam satu pekan terakhir, klaster industri menyumbang sebanyak 414 kasus. Jumlah tersebut berdasarkan hasil dari PT LG elektornik, PT Suzuki Indonesia, dan PT NOK, yang berada di kawasan MM210, Cikarang Barat dan Tambun.

"Sebanyak 414 kasus ini merupakan kontribusi dari klaster perusahaan," ujar Alamsyah, Rabu, 2 September 2020. (Baca juga; Bekasi Jadi Fokus Penanganan Covid-19, Klaster Industri Sangat Serius )

7. Klaster Rumah Makan

Sebuah rumah makan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Krobokan Kota Semarang, Jawa Tengah. Informasi itu tak hanya menyebutkan nama rumah makan, tetapi juga daftar nama orang yang terpapar virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Hakam, membenarkan terdapat rumah makan di Krobokan yang menjadi klaster COVID-19. Meski demikian, pihaknya tidak mengetahui terkait nama rumah makan dan daftar nama orang positif yang tersebar dalam WAG beberapa hari terakhir ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More