Puluhan Disabilitas Dapat Pelatihan Pengembangan Keterampilan dan Self Branding

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 18:03 WIB
Sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016, perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit satu persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai, dan 2% untuk BUMN.

Namun, realisasinya masih di bawah ketentuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dan bekal keterampilan agar penyandang disabilitas memiliki peluang dan kesempatan yang setara sehingga dapat mandiri secara ekonomi.

Pada 2023, pihaknya menjalankan program literasi keuangan serta pelatihan dan magang keterampilan menjadi barista untuk komunitas bisu tuli (tunarungu) di Jabodetabek.

Dari 292 pelamar, dalam rangkaian acara pelatihan dan magang, para peserta akan diajarkan pengetahuan seputar teori kopi dan teknik menjadi barista, serta bagaimana caranya mengelola keuangan usaha yang baik.

Program ini meluluskan 40 barista yang siap untuk bekerja, bahkan lebih dari setengahnya berhasil mendapatkan kesempatan bekerja di coffee shop atau di jenis usaha lainnya

"Atas hasil tersebut, pada tahun 2024, Danamon Peduli mengembangkan program ini dengan penambahan materi tentang pembuatan curriculum vitae (CV) yang menarik serta pengetahuan mengenai lingkungan dan kebencanaan," ujarnya.

Danamon bermitra kembali dengan Yayasan Sunyi Harapan Indonesia, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan untuk menciptakan inklusivitas dan mengurangi kesenjangan bagi penyandang disabilitas.

"Secara keseluruhan, program ini akan terbagi dalam dua angkatan pelatihan di Jakarta, dua angkatan di Bandung, serta dua angkatan pendampingan bisnis, dengan total 68 penerima manfaat yang akan menjadi bagian dari perayaan HUT ke-68 Danamon," jelasnya.

Kick-off pelatihan pertama dilakukan di Sunyi Coffee Barito pada 30 Juli 2024, dihadiri oleh Widyarini Utami Talent Acquisition, Employer Branding, Performance & Culture Head Bank Danamon yang langusng menyampaikan materi mengenai keterampilan pembuatan CV.

Program CSR ini merupakan wujud nyata dari komitmen Danamon dalam mendukung keberlanjutan sosial dan ekonomi di Indonesia. "Dengan berkolaborasi bersama Yayasan Sunyi Harapan Indonesia, kami berharap dapat membantu rekan penyandang disabilitas untuk mengembangkan keterampilan dan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri rekan-rekan disabilitas agar dapat bersaing di dunia profesional," ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More