Efektif Urai Kemacetan, DKI Berencana Tambah 40 AI

Senin, 03 Juli 2023 - 06:44 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto/MPI/Dok
JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana menambah jumlah penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) di simpang jalan di Ibu Kota. Teknologi AI dinilai efektif mengurai kemacetan di Jakarta.

“Ada rencana penambahan teknologi AI. Tahun ini akan ada penambahan di 40 simpang lagi,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Senin (3/7/2023).

Syafrin mengatakan, danya instalasi teknologi artificial intelligence (AI) cukup berpengaruh untuk mengurai kemacetan. Sebab, istem AI yang terpasang pada lampu lalu lintas akan menjalankan fungsi adaptive force dengan melihat kaki simpang yang lebih padat.

Kemudian, lampu hijau pada lalu lintas di arus padat tersebut akan dibuat dengan durasi lebih lama.





“Kalau selama ini kan pengaturannya manual atau dari control room kita. Nah sekarang langsung di tempat. Misalnya sisi utara-selatan, yang paginya di selatannya padat, maka otomatis sistem akan menghitung memberikan waktu paling panjang di kaki sisi selatan karena titiknya menuju ke arah sana,” katanya.

“Demikian sore hari misalnya, ternyata dari utara yang padat menuju selatan, maka kaki simpang sisi utara akan diberikan waktu lebih panjang. Sehingga, antrean di simpang bisa dihindari,” ucapnya.

Saat ini ada 20 titik traffic light di Jakarta yang menerapkan teknologi AI yakni:

1. Jalan Jembatan 2 Raya-Jalam Tubagus Angke
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More