Jalur Bunker Stasiun Tanjung Priok Masih Misterius (Bagian ke-2)

Jum'at, 06 Februari 2015 - 06:39 WIB
Jalur Bunker Stasiun Tanjung Priok Masih Misterius (Bagian ke-2)
Jalur Bunker Stasiun Tanjung Priok Masih Misterius (Bagian ke-2)
A A A
JAKARTA - Upaya PT KAI mengungkap misteri bunker di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara sedikit terkuak. Sayangnya, eksplorasi yang dilakukan tertunda sehingga misteri bunker tersebut masih tertutup rapat.

Namun berdasarkan cerita warga sekitar, dulunya bunker di Stasiun Tanjung Priok tembus ke Pelabuhan Tanjung Priok, Museum Fatahillah dan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu.

Wakil Kepala Stasiun Tanjung Priok, Armidi (46) mengatakan, pada masa penjajahan bunker tersebut diduga digunakan sebagai jalur alternatif pengiriman hasil bumi dari pelabuhan ke stasiun tersebut.

Disamping itu, bisa juga bunker ini menjadi jalur bagi tentara Belanda dari pelabuhan menuju stasiun untuk dibawa ke daerah.

"Kemungkinan, bunker ini dijadikan tempat pengiriman tentara. Sebab, dilihat dari keberadaannya saja, buat apa sih orang buat bunker kalau cuma untuk dijadikan tempat penyimpanan barang sama tempat persembunyian saja. Apalagi dibuat di tempat yang ramai seperti di stasiun kereta," ujarnya saat berbincang dengan Sindonews di kantornya.

Melalui bunker tersebut, duga Armidi, baik hasil bumi maupun tentara dikirimkan kesejumlah daerah melalui jalur darat.

"Dugaan itu bisa saja terjadi, mengingat pada masa Hindia Belanda. Jalur kereta api merupakan alat transportasi tercepat dan satu-satunya alat transportasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang besar. Lagi pula, Tanjung Priok ini merupakan tempat transitnya mobilitas trasnportasi pada masanya," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5336 seconds (0.1#10.140)