Penyatuan Angkutan Umum untuk Kemajuan Transportasi?

Rabu, 21 Mei 2014 - 13:36 WIB
Penyatuan Angkutan Umum untuk Kemajuan Transportasi?
Penyatuan Angkutan Umum untuk Kemajuan Transportasi?
A A A
Rencana penyatuan angkutan umum di DKI Jakarta ke dalam satu sistem pengelolaan, dinilai akan menjadi kemajuan era transportasi di Jakarta. Dengan penyatuan ini, di masa mendatang angkutan umum akan lebih terkontrol.

Direktur Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia Yoga Adiwinarto menyetujui pengelolaan angkutan umum secara tersentral.

"Justru bisa banget (penyatuan), jika memang nantinya seperti itu kedepannya. Agar nantinya dapat dikelola dengan baik," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Rabu (21/5/2014).

Dengan penyatuan itu, kata Yoga, PT Transportasi Jakarta yang ditunjuk sebagai pengelola akan bekerja sama dengan operator yang bekerja di bidang angkutan umum.

"Misalnya PT Transportasi Jakarta akan menentukan mana saja operator yang dengan sigap dapat bekerja sama dalam hal manajemen, perawatan, atau pemeliharaan bus," kata Yoga.

Yoga melanjutkan, jika ada bus tua yang tetap beroperasi, maka PT itu bisa memerintahkan operator yang bersangkutan untuk memperbaiki bus tersebut. Jika tidak, maka sanksi tegas akan dilakukan.

"Misalnya ada operator yang pakai armada tua, PT Transportasi Jakarta bisa minta operator untuk memperbaiki dengan syarat, misalnya kesanggupan operator saja. Jika memang tidak sanggup ya bye-bye begitu," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5428 seconds (0.1#10.140)