Pedagang Lebak Bulus akan direlokasi ke Pasar Mede

Minggu, 12 Januari 2014 - 02:03 WIB
Pedagang Lebak Bulus akan direlokasi ke Pasar Mede
Pedagang Lebak Bulus akan direlokasi ke Pasar Mede
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel), telah melirik dua tempat yang rencananya akan dijadikan tempat relokasi para pedagang Terminal Lebak Bulus.

Wali Kota Jaksel Syamsuddin Noor mengatakan, pihaknya mengajukan usulan agar pedagang di terminal yang akan dibangun depo Mass Rapid Transit (MRT), dipindahkan ke Pasar Mede di Jalan Fatmawati Raya dan Pasar Bata Putih, di Jalan Kramat, Kebayoran Lama.

"Kita sudah bicara dengan PD Pasar Jaya agar bisa memfasilitasi para pedagang dipindahkan di dua pasar itu karena lokasinya dekat Terminal Lebakbulus," ujarnya saat dihubungi wartawan, Sabtu 11 Januari 2014.

Syamsuddin menegaskan, jajarannya hanya bisa membantu tempat relokasi pedagang, tapi tidak bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Sebab, di Jakarta Selatan, sudah tidak ada lagi lahan untuk menampung bus dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) tersebut. "Kalau untuk bus-busnya memang kita sudah tidak ada lahan," ujarnya.

Ia melanjutkan, dua tempat relokasi pedagang Terminal Lebak Bulus yang diusulkan terbilang dekat dari lokasi sebelumnya. Selain itu, dua pasar tersebut juga dinilai cukup memadai menampung pedagang. "Ya setelah dicek memang masih ada lapak di sana. Lagi pula jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Lebakbulus," ucapnya.

Menurut Syamsuddin, sebenarnya pihaknya tidak berkewajiban mencarikan tempat relokasi bagi pedagang terminal. Pasalnya, jika merujuk pada perjanjian sewa, pedagang harus sukarela meninggalkan lahan jika dibutuhkan. "Sebenarnya di perjanjian itu sudah ada, tapi ini menyangkut nurani saja," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7708 seconds (0.1#10.140)