Didanai Korsel, DKI Bangun MRT Jakarta Fase IV Fatmawati-Kampung Rambutan

Selasa, 15 November 2022 - 11:14 WIB
loading...
Didanai Korsel, DKI Bangun MRT Jakarta Fase IV Fatmawati-Kampung Rambutan
Pemerintah melanjutkan pembangunan MRT Jakarta Fase IV Fatmawati-Kampung Rambutan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Korea Selatan akan membantu Indonesia dalam pembangunan MRT Jakarta Fase IV lintas Fatmawati-Kampung Rambutan.Selain Korsel, dalam Presidensi G20 di Bali juga menyepakati kerja sama dengan Jepang dan Inggris.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi mengatakan bahwa pembangunan MRT Jakarta Fatmawati-Kampung Rambutan salah satu upaya memperluas transportasi publik berorientasi transit untuk memecah kemacetan di Ibu Kota.

”Pembangunan MRT Jakarta Fase 4 merupakan salah satu upaya menciptakan moda transportasi publik berorientasi transit yang semakin luas dan berkembang,” kata Heru dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).



Heru berharap pembangunan MRT Jakarta Fase 4 dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan. Selain itu, dapat menjadi solusi mengurai kemacetan di Jalan TB Simatupang saat jam sibuk.

”Semoga upaya ini dapat mendorong perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat dalam bertransportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, selain juga bisa menjadi solusi untuk mengurai kemacetan,” ujar Heru.

Sebelumnya, untuk membuka peluang kerja sama dengan pemerintah Korsel, Menhub Budi Karya Sumadi telah melakukan kunjungan ke Korea Selatan pada bulan Juni 2022 lalu. Budi berharap MoU dengan Korsel menjadi langkah awal percepatan pengembangan MRT.



Sebagai informasi, MoU bersama Korea Selatan ini juga merupakan tindak lanjut pembicaraan pada kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting yang diselenggarakan pada 16-17 Oktober 2022 lalu di Bali.



Dalam pertemuan bilateral tersebut, Korea Selatan menyampaikan minatnya untuk turut berpartisipasi membangun MRT Jakarta Fase 4 dengan lintas Fatmawati-Kampung Rambutan.Jepang, Inggris, dan Korea Selatan, merupakan mitra strategis Indonesia.

Momentum Presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun ini dimanfaatkan untuk mencari peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi dengan banyak negara, melalui pendanaan kreatif non-APBN.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)