Jokowi akan 'cekik' pemilik mobil

Rabu, 18 Desember 2013 - 18:12 WIB
Jokowi akan cekik pemilik mobil
Jokowi akan 'cekik' pemilik mobil
A A A
Sindonews.com - Sulitnya mengajak warga beralih ke moda transportasi massal membuat Gubernur DKI, Joko Widodo akan memaksa pemilik mobil untuk beralih ke angkutan umum dengan cara yang ekstrem.

Cara yang akan dilakukan Jokowi untuk membuat warga beralih ke angkutan umum, yakni mencekiknya dengan menerapkan Electronic Road Pricing (ERP), meningkatkan pajak progresif, menaikkan tarif parkir, dan lain-lain.

"Merubah gaya hidup masyarakat dari nyetir mobil ke transportasi massal itu tidak mudah," kata Jokowi di Balai kota, Rabu (18/12).

Ia membeberkan, Pemprov DKI sejauh ini terus berupa merubah gaya hidup masyarakat tersebut dengan menyiapkan aturan-aturan. Aturan itu nantinya diharapkan dapat mendorong masyarakat beralih ke kendaraan umum.

"ERP disiapkan, pajak progresif disiapkan seperti berapa persen yang akan kita naikkan, pajak parkir tinggi sudah mulai disiapkan, sosialisasi naik MRT, naik monorail disiapkan," ujarnya.

Menurut Jokowi, aturan yang disiapkan itu nantinya akan berjalan seiring dengan penambahan armada transportasi massal di Jakarta. Sehingga masyarakat bakal lebih memilih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

"Jadi pada saat selesai, warga sudah siap karena di negara lain ada yang kejepit pintu, ada yang ketinggalan kereta karena menitnya enggak nunggu. Organisasi untuk MRT-nya juga harus disiapkan," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)