PKL Blok G dilatih tarik konsumen

Rabu, 28 Agustus 2013 - 12:42 WIB
PKL Blok G dilatih tarik konsumen
PKL Blok G dilatih tarik konsumen
A A A
Sindonews.com - Pedagang Kaki Lima (PKL) yang bermalas-malasan berdagang di Blok G Tanah Abang terancam didepak atau tidak diperpanjang sewa kiosnya. Pasalnya, sepanjang enam bulan ke depan dan seterusnya, PD Pasar Jaya akan mengevaluasi kinerja dan keaktifan mereka selama menempati kios.

"PKL kita kan oriented konsumen. Kadang-kadang orang yang kita harapkan ini malah malas-malasan," kata Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis di Balai Kota Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Atas dasar itu, kata Djangga, pihaknya saat ini tengah berupaya melatih PKL yang sudah mendapatkan kios di Blok G Tanah Abang agar menjadi pedagang formal. Setiap enam bulan sekali, para PKL itu akan dievaluasi keaktifannya berdagang dan kemampuannya menarik konsumen.

"Kita akan evaluasi, tidak sampai melihat detail pembukuan, tapi keaktifan mereka berdagang, apakah ada konsumen datang tidak. Hasil evaluasi itu bakal menentukan mereka perlu diperpanjang atau tidak," terangnya.

Ia mengutarakan, sepanjang enam bulan, evaluasi terhadap PKL tidak hanya dinilai berdasarkan penghasilan yang cukup, tetapi juga kinerjanya menarik konsumen berbelanja ke kios Blok G Tanah Abang.

"Ya kalau sering jualan tapi tidak banyak konsumen itu nanti kita evaluasi, diperpanjang masa sewa gratis berapa lama, apakah satu bulan atau dua bulan. Itu yang masih dievaluasi," paparnya.

Djangga menegaskan, bagi PKL yang jarang berjualan di kios mereka akan didepak atau tidak perpanjang masa sewanya dan akan digantikan pedagang lain yang masih dalam daftar tunggu (waiting list).

"Iya diisi PKL lainnya, kan ada daftar ini (tunggu)," cetusnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)