5 turap di Kota Depok jebol

Senin, 21 Januari 2013 - 17:12 WIB
5 turap di Kota Depok jebol
5 turap di Kota Depok jebol
A A A
Sindonews.com - Banjir besar yang melanda kawasan Kota Depok, beberapa waktu lalu mengakibatkan lima turap jebol diterjang air diakhir tahun 2012. Lima turap yang jebol berada di Kali Laya satu lokasi, Palsigunung dua lokasi, dan Kali Krukut dua lokasi.

"Seluruhnya ada 17 turap. Ke-12 turap rawan jebol lainnya tersebar di berbagai wilayah diantaranya Kali Angke, Pasangrahan, Kali Sungker," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Alam (Bimasda) Kota Depok, Enco Kuryasa kepada wartawan, di Depok, Senin (21/1/2013).

Ditambahkan dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya melakukan perbaikan terhadap turap-turap yang rawan jebol tersebut. Meskipun demikian, untuk turap-turap yang berada di pinggir Sungai Ciliwung sebenarnya bukan merupakan wewenang dari Pemkot Depok untuk memperbaikinya.

“Itu kewenangan naisonal, karena itu kan punya pemerintah pusat. Misalnya saja turap yang ada di Plasigunung,” terangnya saat mengunjungi wilayah longsor, Cinere.

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan, bencana banjir di Depok saat ini disebabkan karena banyaknya perumahan yang berdiri di atas lahan yang sebelumnya adalah sawah, lembah dan saluran irigasi. Izin pembangunan tersebut dikeluarkan saat Pemkot Depok belum terbentuk, atau masih menginduk pada Kabupaten Bogor.

“Mungkin karena daerah Depok berada di pinggir, jadi izinnya tidak terlalu dilihat ke lapangan,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8810 seconds (0.1#10.140)