Jokowi miliki komunikasi politik yang unik

Senin, 15 Oktober 2012 - 12:38 WIB
Jokowi miliki komunikasi politik yang unik
Jokowi miliki komunikasi politik yang unik
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memiliki komuikasi yang khas dan unik. Jokowi juga merepresentasikan sosok masyarakat marginal.

"Jokowi itu merepresentasikan sosok menengah ke bawah, berlawanan dengan kapitalisme. Ini adalah kekuatan. Komunikasi verbal lewat gayanya yang sederhana, banyak senyum, pakaian yang sederhana, sepatunya lusuh, dan jarang beretorika, itu yang membuat banyak orang terkesima dan simpati. Ia membangun sndiri komunikasi politiknya," ujar Pakar Komunikasi Herri Budianto kepada Sindonews, di Jakarta, Senin (15/10/2012).

Dia juga menilai, komunikasi politik mantan Wali Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, itu jarang dimiliki oleh aktor-aktor politik yang lain.

"Yang lain kan mengumbar statement politik yang sebenarnya hanya retorika politik biasa tanpa adanya prestasi. Jokowi, berbeda dengan yang lain. Potensi komunikasi politik yang dimiliki inilah yang harus dijaga," katanya.

Herri menambahkan, Jokowi dan Ahok merupakan perpaduan yang menarik dan sama-sama mempunyai prestasi, dengan gaya komunikasi yang berbeda. Hal ini terlihata ketika Ahok mampu mengimbangi ketika Jokowi tidak bisa melontarkan statement-statement langsung dan menjurus.

"Keharmonisan inilah yang harus dijaga. Jangan sampai ngikut yang kemaren, mundur tiba-tiba di tengah perjalanan," pungkasnya.

Dia merasakan, komunikasi politik ke daerah penyangga seperti daerah Bodetabek dan Tangerang juga harus dibangun, agar kompleksitas masalah DKI yang multi etnik dan multi problem ini bisa disinergikan dengan pemerintah pusat.

"Solo dan Jakarta beda jauh. Jakarta multikompleks, tapi potensi Jakarta juga ada, optimisme harus kita bangun. Jokowi harus melakukan itu. Gebrakan, tidak perlu dengan janji muluk tapi dengan action," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4058 seconds (0.1#10.140)