Dalam pewayangan, Jokowi adalah Khresna

Senin, 15 Oktober 2012 - 11:32 WIB
Dalam pewayangan, Jokowi adalah Khresna
Dalam pewayangan, Jokowi adalah Khresna
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta terpilih periode 2012-2017 Joko Widodo (Jokowi) diibaratkan sebagai Khresna, salah satu tokoh utama dalam dunia wayang. Karena, dikenal merakyat dan bisa menyatu dengan siapa saja.

"Ada tiga tipe kepemimpinan di dunia wayang. Kepemimpinan Kurawa, Khresna, dan Yudhistira. Nah, Jokowi ini saya kategorikan seperti Khresna yang manusiawi dan bisa menyatu dengan siapa saja, terutama dengan rakyatnya," ujar Budayawan Hardi di Jakarta (15/10/2012).

Tidak hanya itu, Jokowi juga masuk dalam tokoh pemimpin yang bisa tahan dengan berbagai isu yang dibuat oleh lawan-lawan politiknya. Bahkan oleh isu SARA yang sangat rentan, Jokowi bisa bertahan.

"Isu SARA yang sempat menghalangi Jokowi akan hilang dengan sendirinya. Makanya, dia semakin ditekan, semakin mulus jalannya. Seperti orang berselancar saja, semakin tinggi ombaknya, maka semakin bisa dia berselancar. Sekarang tinggal konsistensi dia dalam memimpin," terangya.

Budayawan yang ahli membuat keris ini, bahkan terinspirasi membuatkan keris untuk diberikan kepada Jokowi sebagai wejangan dalam memimpin Jakarta lima tahun ke depan.

"Saya mengusulkan keris yang lekuknya tujuh, yang artinya pitulung atau pertolongan, dan dengan tiga jenis pamor atau puntuwalang triwarna. Sebagai simbol agar bisa menghadapi segala sesuatu yang keras, seperti bisa melibas semua kasus korupsi dengan tegas demi kemakmuran rakyat," tambahnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7029 seconds (0.1#10.140)