Foke kalah, posisi Parpol tetap kuat

Senin, 24 September 2012 - 17:25 WIB
Foke kalah, posisi Parpol tetap kuat
Foke kalah, posisi Parpol tetap kuat
A A A
Sindonews.com - Kendati pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli mendapat dukungan mayoritas dari partai politik, ternyata suara pemilih justru lari ke pasangan Jokowi-Ahok. Kondisi ini bukan berarti posisi parpol dimasyarakat kian lemah.

Ketua DPP PPP Arwani Thomafi menyatakan kekalahan Foke-Nara tidak menggeser partai politik dari fungsinya. Pasalnya partai politik harus bekerja keras supaya kader dan pemilih tetap loyal mendukung keputusan partai.

"Kekuatan partai politik tidak bergeser posisinya sekalipun dalam pilkada DKI komposisi pemenanganya adalah calon yang didukung parpol dengan prosentasi lebih kecil," ujar Arwani saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (24/9/2012).

Ini bisa dilihat dari peningkatan perolehan suara dari Pilgub putaran pertama pasangan Foke - Nara. "Setelah didukung banyak parpol, perolehan suara Foke lumayan naik juga," katanya.

Dalam memenangkan pasangan calon, lanjut Arwani banyak faktor yang menjadi penentu dan partai politik menjadi bagian tidak terpisahkan. "Komposisi kekuatan figur, kerja politik, dan strategi," kata dia.

Dalam setiap pemilihan kepala daerah, setiap pasangan calon harus memerhatikan bahwa pemilih mempunyai kemandirian dalam menentukan pilihan. "Pemilih mempunyai kemampuan penuh untuk menentukan pilihannya," kata Arwani.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6919 seconds (0.1#10.140)