Debat Cagub DKI masih politik pencitraan

Senin, 17 September 2012 - 05:06 WIB
Debat Cagub DKI masih politik pencitraan
Debat Cagub DKI masih politik pencitraan
A A A
Sindonews.com - Debat terbuka putaran kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2012 masih sebatas politik pencitraan dan saling menjatuhkan. Padahal di moment itu, warga Jakarta ingin mengetahui sejauhmana solusi atas masalah Ibu Kota yang coba ditawarkan para kandidat.

Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute Gun Gun Heryanto mengatakan, masih kentalnya politik pencitraan dalam debat calon gubernur DKI tak dapat dipungkiri. Rendahnya budaya debat yang mengarah pada pemecehan solusi bersama menjadi salah satu kelemahan pokok dalam putaran kedua Pilgub DKI.

"Ya, sebenarnya desain debat cagub itu seharusnya untuk penajaman visi dan misi kandidat. Tetapi memang, suasana dan tradisi debat kita masih belum mengacu pada debat kandidat dengan nilai distingtif, yang bisa membuat pemilih memiliki gambaran jelas beda keduanya," ujar Gun Gun saat berbincang dengan Sindonews, Senin (17/9/2012).

Ditambahkan dia, dalam debat terbuka pasangan calon Gubernur DKI tidak nampak adanya satu persiapan diri dari dua kandidat yang mengarah pada orientasi kerja mengentaskan persoalan Ibu Kota. Tidak ada saling bertukar pikiran, ide dan tawaran mengatasi ruwetnya persoalan Jakarta.

"Isi dalam pesan kedua pasangan, memang lebih artifisial dan terkesan lebih mengarah ke politik citra. Bukan mengukur kesiapan performa komunikatif, dan berorientasi kerja. Masing-masing pihak tidak leluasa mengelaborasi substansi tawaran (solusi masalah Jakarta)," ungkapnya.

Seperti diketahui, putaran kedua Pilgub DKI, penyelenggara pemilu memberikan waktu bagi pasangan calon untuk melakukan penajaman visi dan misi, guna menyakinkan warga Jakarta akan solusi yang ditawarkan dari sekelumit masalah Ibu Kota. Namun, menjelang pemungutan suara, masing-masing pasangan masih sibuk politik pencitraan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4117 seconds (0.1#10.140)