36 Orang Meninggal, Tangsel Siapkan RS Khusus Pasien Corona dan PDP di Pamulang

Senin, 06 April 2020 - 20:22 WIB
36 Orang Meninggal, Tangsel Siapkan RS Khusus Pasien Corona dan PDP di Pamulang
36 Orang Meninggal, Tangsel Siapkan RS Khusus Pasien Corona dan PDP di Pamulang
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan rumah sakit khusus pasien positif dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Kedaung, Pamulang.

Rumah Sakit (RS) Aria Sentra Medika di Jalan Aria Putra, Kedaung, dipilih karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti tekanan negatif di seluruh ruangan dan daya tampung pasien hingga 40 orang.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, telah bekerjasama dengan Jamkesda untuk menanggung semua pembiayaan selama di rumah sakit, khusus warga ber-KTP Tangsel.

"Jadi setiap pasien ber-KTP Tangsel yang positif dan PDP yang dirawat akan ditanggung APBD Tangsel," ujarnya di Puspemkot Tangsel, Senin (6/4/2020).

Untuk tenaga medis, Pemkot Tangsel juga telah bekerjasama dengan beberapa organisasi kedokteran dan kampus. Nanti satu dokter akan didampingi seorang perawat mengawasi pasien positif Covid-19. (Baca juga: 99 Pasien Corona di Tangsel Tunggu Antrean Masuk ke Wisma Atlet Jakarta)

"Makanya khusus untuk pasien positif dan PDP karena dia punya alat dengan tekanan negatif. Kalau contoh di RS Internasional tekanan negatifnya hanya untuk 4 kamar, kalau ini seluruhnya," kata Airin.

Menurut dia, ada beberapa alat yang masih dibutuhkan dan harus dilengkapi. Untuk ventilator, dia meminta CSR swasta dan sudah ada yang memberikan bantuan.

"ICU hanya ada 4. Alat ventilator ini lagi saya dorong ke CSR untuk bisa menambah ventilator. Sudah ada 3 ventilator yang akan disumbang oleh swasta. VTM kita ada, kita kerja sama dengan Litbangkes," jelasnya.

Adapun jumlah PDP di Tangsel saat ini mencapai 185 orang, dengan 25 di antaranya meninggal dunia. Sedangkan, jumlah pasien positif ada 56 orang dan 11 orang di antaranya meninggal.

Dengan demikian, jumlah korban meninggal akibat wabah Corona di Tangsel mencapai 36 orang. Sementara, jumlah ODP sebanyak 450 orang dan tertinggi berada di Kecamatan Pamulang dengan jumlah kasus 110 kasus. (Baca juga: Sampai Hari Ini 639 Warga DKI Dimakamkan dengan Protap Covid-19)
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7905 seconds (0.1#10.140)