Pasien Covid-19 Meningkat, Rumah Sakit di Tangsel Perketat Standar Pelayanan

Kamis, 18 Juni 2020 - 10:48 WIB
loading...
Pasien Covid-19 Meningkat, Rumah Sakit di Tangsel Perketat Standar Pelayanan
Sejumlah rumah sakit di Tangsel kian memperketat standar pelayanan protokol kesehatan, menyusul jumlah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Foto: Hambali/Okezone
A A A
TANGERANG SELATAN - Sejumlah rumah sakit di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kian memperketat standar pelayanan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan menyusul jumlah kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data terakhir Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangsel pada Rabu 17 Juni 2020, tercatat total pasien positif mencapai 372 orang. Rinciannya, 155 pasien masih dirawat dengan penambahan 2 pasien baru dalam sehari, 169 pasien sembuh, dan 33 pasien meninggal dunia.

"Pasien positif yang menjalani perawatan bertambah 2 orang Rabu kemarin, sehingga jumlah yang masih dirawat ada 155 pasien," ujar juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangsel, Tulus Muladiyono, Kamis (18/6/2020). (Baca juga Infografis: Aturan Kesehatan Saat Belanja di Pasar Tradisional)

Dari penjelasan Dinas Kesehatan Kota Tangsel sebelumnya, terdapat beberapa rumah sakit swasta yang telah bekerja sama menangani pasien Covid-19. Di antaranya Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Rumah Sakit Premiere Bintaro.

Selain itu, Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Rumah Sakit Eka Hospital. Lalu Rumah Sakit Medika BSD, Rumah Sakit OMNI Internasional Alam Sutera, Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada, dan RSU Kota Tangsel.

Sebagai fasilitas kesehatan milik pemerintah, RSU Kota Tangsel sendiri telah mewajibkan penerapan protokol kesehatan. Di luar itu, telah disiapkan pula ruangan di lantai 4 bagi pasien dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ruangan itu dipastikan steril bagi segala kegiatan tenaga medis, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pasien umum lainnya yang ingin datang berobat ke RSU Tangsel. (Baca juga: 6.431 Pelanggaran, Denda PSBB Transisi di Jakarta Terkumpul Rp206 Juta)

"Untuk tempat, kita sudah ada di lantai 4 dengan daya tampung sebanyak 18 pasien. Jadi mulai 19 Mei 2020, RSU sudah mulai menerima pasien Covid-19. Kalau yang dirawat di sini semua PDP positif. Sudah dewasa semua, ada 9 pasien," terang Kepala Seksi Pelayanan Medis RSU Tangsel, Ronald Adrianto Sitindaon, ditemui di ruangannya.

Sebenarnya, seluruh rumah sakit yang ada sejak awal telah meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Hanya saja, upaya itu disesuaikan agar ketentuan tersebut tak justru membuat pasien menjadi tertekan psikologis.

"Screening di pintu masuk yang ketat. Jika ada gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau riwayat perjalanan luar negeri akan diarahkan ke rumah skrining kami yang tersedia, jadi tidak bisa masuk ke rumah sakit," kata Humas RS Mitra Keluarga Bintaro, Shinta, secara terpisah. (Baca juga: Orang Tua Harus Bisa Menyiapkan Mental Anak Menghadapi New Normal)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)