Drone Disinfektan Semprot Kantor Polrestro dan Kodim Depok

Kamis, 02 April 2020 - 08:35 WIB
Drone Disinfektan Semprot Kantor Polrestro dan Kodim Depok
Drone Disinfektan Semprot Kantor Polrestro dan Kodim Depok
A A A
DEPOK - Kantor Polrestro Depok dan Kodim 0508/Depok disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Yang membedakan kali ini adalah penyemprotan memakai drone. Tujuannya agar sebaran cairan merata ke seluruh bagian gedung hingga sudut-sudut yang tak terjangkau.

“Yang dilakukan saat ini dalam rangka mengikuti anjuran pemerintah bahwa kita harus bersama-sama menghambat penyebaran virus. Berbagai macam sudah diupayakan mulai dari penyemprotan massal dan parsial. Kebetulan ada upaya yang lain, salah satunya dari udara dengan menggunakan drone,” kata Kapolrestro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah didampingi Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kamis (2/4/2020).

Penyemprotan di Polrestro Depok dan Kodim 0508/Depok merupakan sukarela dari PT Nusa Indonesia. “Kita bisa usulkan ke Gugus Tugas untuk memanfaatkan drone ini karena jangkauannya lebih besardibandingkan menggunakan transportasi darat. Kalau transportasi darat kita harus melewati gang yang mungkin sempit tidak terjangkau. Tapi, kalau udara drone ini bisa menjangkau hampir seluruh wilayah,” katanya. (Baca juga: Warga Cipinang Melayu Buat Gapura Penyemprot Disinfektan Otomatis)

Kababinminvetcad Kodam Jaya Kolonel Inf Eko Natalius menuturkan penyemprotan drone pertama kali di Depok ini merupakan sebuah terobosan. Diharapkan ini bisa menjadi contoh di wilayah lain.

CEO Nusa Indonesia Rama Tribudiman menambahkan teknologi ini sudah dimanfaatkan di wilayah perkebunan. Di tengah pandemi Corona, teknologi ini bisa menjadi alternatif karena efektivitas sebaran dari drone sendiri.

“Ini upaya untuk memerangi Covid-19 menggunakan disinfektan diangkat dengan drone. Drone mampu membawa 16 liter,” katanya.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5681 seconds (0.1#10.140)