Ditlantas Siapkan Skenario Pelarangan Mudik Warga Jakarta

Minggu, 29 Maret 2020 - 13:45 WIB
Ditlantas Siapkan Skenario Pelarangan Mudik Warga Jakarta
Ditlantas Siapkan Skenario Pelarangan Mudik Warga Jakarta
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memiliki sejumlah skenario terkait pelarangan mudik bagi warga Ibu Kota pada Lebaran mendatang. Namun, hal ini masih menunggu keputusan pemerintah terkait pelarangan atau memperbolehkan mudik tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait dengan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya terkait dengan kebijakan mudik.

“Kami siap mengamankan dan mendukung kebijakan pemerintah baik melarang atau memperbolehkan mudik," kata Sambodo kepada wartawan Minggu (29/3/2020).

Dia menegaskan, terdapat beberapa skenario yang disiapkan menghadapi musim arus mudik 2020."Ditlantas Polda Metro Jaya masih menunggu keputusan dan kebijakan pemerintah pusat," ujarnya.

Beberapa skenario itu antara lain imbauan tidak mudik. Artinya pemerintah berharap masyarakat tetap tinggal di rumah. Skenario lainnya, warga Jakarta dilarang meninggalkan Jakarta saat musim arus mudik Lebaran karena episentrum COVID-19 berada di wilayah ibu kota sehingga berpotensi menyebarkan wabah ke daerah lain.

"Untuk itu ada skenario bahwa penduduk Jakarta dilarang mudik tapi apapun itu kita masih menunggu keputusan pemerintah," ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan terkait titik kerawanan selama musim mudik. Lokasi kerawanan di perbatasan jalan arteri, jalan tol, titik pemberangkatan seperti stasiun, pelabuhan, terminal dan bandara.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8046 seconds (0.1#10.140)