RSUP Siap Jika Ditunjuk Sebagai RS Rujukan Utama Penanganan Covid-19

Senin, 16 Maret 2020 - 22:03 WIB
RSUP Siap Jika Ditunjuk Sebagai RS Rujukan Utama Penanganan Covid-19
RSUP Siap Jika Ditunjuk Sebagai RS Rujukan Utama Penanganan Covid-19
A A A
JAKARTA - RSUP Persahabatan Jakarta menyatakan kesiapannya menjadi rumah sakit rujukan utama penanganan Covid-19. Hal ini disampaikan Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah, Senin (16/3/2020).

"Suatu saat kalau harus jadi rumah sakit utama penanganan Covid-19, kami akan khususkan untuk pasien Covid-19 dan tidak terima pasien lain. Ini kemungkinan terburuk. Kami sudah rapatkan kemarin terkait itu,” katanya.

Menyikapi penyebaran Corona yang sangat masif, RSUP Persahabatan Jakarta telah melakukan langkah demi mempersiapkan segala kemungkinan terburuk. Salah satunya bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat untuk menempatkan sementara pasien Tuberkolosis RSUP Persahabatan.

"Terutama bagi pasien TB RO. Kalau mereka sekarang ke sini langsung kami rujuk ke RSI Cempaka Putih," tuturnya. (Baca juga: RSUP Persahabatan Masih Rawat 20 Pasien Positif Corona)

Untuk penambahan ruang isolasi, pihaknya bakal menambah ruangan dengan cara mengosongkan ruang perawatan yang biasa dipakai pasien TB RO. Namun, karena keterbatasan waktu, maka fasilitas ruangan tak sama seperti Gedung Pinere yang memiliki ruangan bertekanan negatif sebagai pembersih sistem sirkulasi udara.

Dalam beberapa waktu ke depan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) akan diletakkan di sana sehingga ruang kosong di Gedung Pinere akan difungsikan sebagai tambahan ruang ICU bagi pasien positif Corona yang membutuhkan penanganan khusus.

Saat ini, tersedia 24 kamar tidur di 12 ruangan dalam Gedung Pinere untuk perawatan pasien Corona baik yang tergolong PDP maupun berstatus positif. Dari 12 ruangan, dua di antaranya merupakan ruang ICU berisi 4 kamar tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan khusus.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)