Atasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Jaktim Akan Bangun Kolam Retensi

Kamis, 24 Oktober 2019 - 16:33 WIB
Atasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Jaktim Akan Bangun Kolam Retensi
Atasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Jaktim Akan Bangun Kolam Retensi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur bakal membangun kolam retensi atau tendon air guna mengatasi banjir dan kekeringan di musim kemarau yang kerap melanda di wilayah kelurahan Bambu Apus. Rencananya pembuatan tendon air itu dibangun di wilayah RW 01 pada 2020.

"Iya itu jadi ada tanah 11.000 punya Dinas Kehutanan DKI Jakarta yang akan dijadikan Taman Maju Bersama, namun warga juga meminta 60 persen nya untuk dibangun embung atau danau," kata Lurah Bambu Apus Dodo Supendi saat sihubungi SINDOnews, Kamis (24/10/2019).

Dodo menuturkan, pembangunan kolam retensi tersebut diharapkan dapat menanggulangi genangan-genangan disaat hujan . Karena di Jalan Hankam Raya itu sering terdapat genangan.

"Jadi otomatis itu akan menjadi penampungan dan dapat mengatasi kekeringan saat musim kemarau tiba," katanya. (Baca Juga: Warga Kesulitan Air Bersih Meluas di Bambu Apus Jakarta Timur
Dodo menegaskan, kolam retensi yang akan dibangun pada 2020 di Bambu Apus adalah yang pertama. Ke depan, menurut dia, akan ada pembangunan kolam retensi lainnya, mengingat luas lahan yang tersisa mencapai 40 persen dari 310 hektar dari luas Kelurahan Bambu Apus.

"Semua pengerjaan akan melalui Dinas Kehutanan DKI Jakarta, karena itu proyek Pemda DKI," tandasnya. (Baca Juga: Atasi Wilayah Rawan Banjir, DKI Akan Buat 1.330 Drainase Vertikal(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5726 seconds (0.1#10.140)