Berbiaya 0 Rupiah, Transjakarta Buka 3 Rute Baru Mikrotrans Terintegrasi

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 06:00 WIB
Berbiaya 0 Rupiah, Transjakarta Buka 3 Rute Baru Mikrotrans Terintegrasi
Berbiaya 0 Rupiah, Transjakarta Buka 3 Rute Baru Mikrotrans Terintegrasi
A A A
JAKARTA - Perusahaan transportasi kebanggaan warga DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta ) hari ini genap memiliki 48 rute Mikrotrans setelah 3 (tiga) rute baru Mikrotrans yaitu Jak Lingko, yaitu Jak 8 (Roxi-Benhil), Jak 36 (Jl. Raya Bogor-Cilangkap), dan Jak 72 (Kp Rambutan-Jl.Suci).

Adapun rute-rute yang dilalui adalah sebagai berikut:
Jak 36 (Jl. Raya Bogor-Cilangkap) Jak 36 akan melayani pelanggan sepanjang jalan raya Bogor menuju Cilangkap menggunakan rute lintasan jalan sebagai berikut: Jl.Raya Bogor (simpang Jl.Masjid Al-Ikhsan)–Jl.Pondok Gede–Jl.Taman Mini Pintu I–Jl.Raya Mabes Hamkan–Jl.Ceger–Jl.Bina Marga–Jl.Raya Cilangkap, dan berputar melalui rute yang sama hingga kembali ke titik awal keberangkatan (Jl. Raya Bogor–Cilangkap).

Rute Jak 36 ini terintegrasi dengan rute bus koridor Transjakarta dan non koridor yaitu:
1.Koridor 7B NoN BRT ( Kp.Melayu – Blok M)
2.Koridor 7 BRT ( Kp.Rambutan – Kp.Melayu)
3.Koridor 9 BRT ( Pinang Ranti – Pluit)

Sepanjang lintasan Rute Jak 36 kendaraan angkutan umum ini akan melalui beberapa fasilitas sosial dan umum yang cukup ramai digunakan masyarakat seperti Unit Pelayanan Angkutan Sekolah Dishub, Universitas Moh Thamrin, Tamini Square Mall, Taman Mini Indonesa Indah, Korean School International, dan Agrowisata Cilangkap.

Jak 72 (Kampung Rambutan–Jalan Suci Ciracas)
Jak 72 akan melayani pelanggan sepanjang jalan Terminal Kampung Rambutan hingga jalan Suci menggunakan rute lintasan jalan sebagai berikut: Terminal Kampung Rambutan–Jl. Bungur–Jl. Raya Ciracas–Jl. Poncol–Jl. H. Baping–Jl. Suci (Mayasari) dan menuju kembali ke rute titik awal keberangkatan melalui jalur yang sama.

Jak 72 terintegrasi dengan moda mikrotrans Jak 28 (Pasar Rebo–Taman Wiladatika Cibubur), dan Jak 38 (Bulak Ringin–Kampung Rambutan). Sedangkan fasilitas sosial dan umum yang dilalui oleh Rute Jak 72 diantaranya adalah STIE Kusuma Negara, Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika, Pasar Jaya Ciracas.

Jak 08 (Roxi–Bendungan Hilir/Benhil)
Jak 08 akan melayani pelanggan sepanjang jalan Roxy hingga Bendungan Hilir (Benhil). Rute ini merupakan rute lintasan harian yang cukup ramai dengan berbagai titik kegiatan perdagangan hingga perkantoran dan rumah sakit.

Adapun rute jalanan yang dilalui adalah sebagai berikut: Karet Bivak TPU-P. U Irigasi-Kantor Pajak Tanah Abang-Kantor Pajak Tanah Abang-Jl. PAM Jaya-Mess. Polwan-JL.D. Singkarak-Jl. Mutiara-RS. AL Mintoharjo-JL. Bendungan Hilir IV–Pospol Benhil–Pertigaan bendungan Jati luhur-JL. Bendungan Hilir V. Kendaraan akan berputar dari Pospol Benhil-JL. Bendungan Hilir IV-RS. AL Mintoharjo- JL. Mutiara-JL. P.Singkarak-Mess POLWAN-JL. PAM Jaya-MASJID PAM Jaya–Kantor Pajak Tanah Abang-Polsek Tanah Abang–hingga menuju titik awal yaitu Karet Bivak TPU.

"Penambahan rute ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan Transjakarta untuk terus memenuhi jangkauan transportasi umum di wilayah-wilayah pemukiman penduduk, pusat pusat perekonomian masyarakat kecil menengah, tempat tempat pendidikan hingga pariwisata yang berada di pinggir kota," kata Nadia, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Kamis (15/8/2019).

Ini juga akan memenuhi blue print transportasi terintegrasi agar mampu menjemput dan mengantarkan warga memenuhi kebutuhan harian menggunakan transportasi publik minimal 500 m dari rumah.

30 unit disiapkan untuk Jak 72 dan 15 unit untuk Jak 36 guna mengangkut 2,000 pelanggan setiap harinya di setiap rute. Seluruh unit armada Mikrotrans beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB dan pukul 09.00 WIB-22.00 WIB pada hari raya keagamaan tertentu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)