3 Perusahaan Karoseri Bikin Bus Transjakarta, Nomor 1 Terbesar di Asia Tenggara

Rabu, 13 Juli 2022 - 15:09 WIB
loading...
3 Perusahaan Karoseri Bikin Bus Transjakarta, Nomor 1 Terbesar di Asia Tenggara
Terdapat 3 perusahaan karoseri yang membuat bus Transjakarta sehingga moda transportasi massal ini menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 perusahaan karoseri yang membuat bus Transjakarta sehingga moda transportasi massal ini menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta. Transjakarta telah menciptakan transportasi yang aman dan nyaman.

Keberadaan Transjakarta tak lepas dari perusahaan karoseri. Terdapat ratusan bus dalam berbagai tipe mulai dari single, maxi, gandeng, hingga low entry yang terbaru.
Baca juga: Sempat Terimbas Pandemi, Bisnis Karoseri Mulai Berseri

Berikut 3 perusahaan karoseri yang membuat bus Transjakarta dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022):

1. New Armada
Perusahaan karoseri asal Magelang yang berdiri sejak 1974 ini telah menjadi perusahaan pembuat kendaraan terbesar di Asia Tenggara. New Armada selalu membuat kendaraan yang terkenal nyaman dan berkualitas.

Anak usaha dari PT Mekar Armada Jaya ini juga turut berkontribusi dalam pembuatan Transjakarta. Perusahaan yang terkenal dengan bus mewahnya ini merupakan pemasok utama bagi bus di Sulawesi yang terkenal mewah.

2. Tentrem
Karoseri ini merupakan perusahaan asal Malang yang beroperasi sejak tahun 1986. Karoseri Tentrem berhasil menerima sertifikat resmi dari Mercedes Benz untuk standarisasi bus body builder di sasis Mercedes Benz dan juga menjadi karoseri pertama di Indonesia yang membangun bodi untuk sasis Scania K380iB.

Beberapa bus Transjakarta tidak lepas dari perusahaan ini. Produk terbaru yang menjadi andalan karoseri ini adalah Avante dan Venom.
Baca juga: Transjakarta Luncurkan 2 Fasilitas Terbaru

3. Laksana
Laksana mampu memproduksi 1.500 bus dengan kualitas terbaik. Perusahaan asal Semarang ini telah tersertifikasi terbukti dari beberapa sertifikat yang telah didapat.

Sertifikasi ISO 9001-2008 untuk Sistem Manajemen Mutu, ISO 14004-2004 untuk Sistem Manajemen Lingkungan, OHSAS 18001 untuk Persyaratan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, serta sertifikasi Mercedes Benz untuk Badan Bus Bangunan atas dasar Sasis Bus Mercedes Benz OH 1518 EIII (2009) dan OH 1526 EIII (2010).

Karoseri ini selain membuat bus Transjakarta juga membikin Trans Semarang, Trans Surabaya, serta Trans Jogja.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2123 seconds (11.252#12.26)