Cara Naik Bus Wisata Transjakarta untuk Kamu yang Mau Liburan Keliling Jakarta

Sabtu, 16 Desember 2023 - 06:52 WIB
loading...
Cara Naik Bus Wisata Transjakarta untuk Kamu yang Mau Liburan Keliling Jakarta
Bus Wisata Transjakarta di kawasan Masjid Istiqlal Jakarta. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie
A A A
JAKARTA - Cara naik Bus Wisata Transjakarta untuk kamu yang mau liburan keliling Kota Jakarta akan diulas di artikel ini. Caranya gampang dan bakal bikin liburanmu berkesan.

Libur sekolah telah tiba. Warga Jakarta dan sekitarnya atau bahkan dari luar Jakarta yang mau mengisi liburan dengan cara naik bus keliling Jakarta secara gratis, perlu menyimak artikel ini.

Diketahui, PT Transportasi Jakarta mengelola 22 bus tingkat gratis yang digunakan sebagai sarana transportasi wisata yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh warga. Mengutip laman transjakarta.co.id, Bus Wisata Transjakarta ini disebut dengan Bus Jakarta Explorer.



Bus Jakarta Explorer saat ini memiliki 7 rute wisata yang berbeda. Bus ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di Kota Jakarta. Bus wisata ini juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi serta bus attendant (OnBoard) yang juga dapat memberikan penjelasan mengenai ikon-ikon Kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut.

Cara Naik Bus Wisata Transjakarta


Untuk kamu yang penasaran dan ingin mengisi liburan dengan naik bus wisata Transjakarta, begini caranya:

1. Tunggu bus di titik awal keberangkatan


Dikutip dari laman jakarta.go.id, sebagian besar keberangkatan bus wisata Jakarta dimulai dari Halte Balai Kota atau IRTI Monas. Kamu bisa langsung menuju titik awal keberangkatan jika ingin menaiki tiap varian dari bus wisata Jakarta tersebut. Cek juga jadwal operasional busnya ya.

Sebelum naik bus, kamu bisa bertanya kepada petugas di halte tentang rute bus yang akan kamu naiki. Hal ini penting agar kamu tidak salah naik bus. Antre sebelum naik bus juga perlu kamu lakukan ya biar tidak bikin kesal calon penumpang yang lebih dulu tiba di halte.

2. Siapkan Kartu Uang Elektronik


Kartu Uang Elektronik yang dikeluarkan bank pemerintah atau swasta bisa kamu gunakan saat akan menaiki bus. Kalau kamu mengajak keluarga atau teman, pastikan setiap orang punya Kartu Uang Elektronik sendiri ya.

Berdasarkan kebiasaan yang berlaku, kamu naik bus dari pintu depan. Di dekat pintu masuk ada alat tap on bus. Kamu bisa nge-tap dua kali, yakni tap in dan tap out sekaligus, untuk memperlancar saat naik dan turun bus. Meski wajib tap in dan tap out, jangan khawatir, saldo di Kartu Uang Elektronik kamu tidak akan terpotong.

3. Duduk di kursi bus dan nikmati perjalanan


Setelah sukses tap in dan tap out, kamu bisa langsung duduk di kursi yang telah tersedia. Karena busnya tingkat, kamu bisa memilih naik di atas atau di bawah.

Jika busnya atap terbuka, kamu yang tak kebagian duduk di kursi bagian bawah, bisa naik untuk foto-foto atau membuat video sebelum bus berjalan. Setelah itu, kamu bisa kembali ke bawah. Namun, ada juga yang memilih bertahan dan berdiri di bagian atap yang terbuka untuk merasakan sensasi naik bus atap terbuka sambil menikmati pemandangan Jakarta. Untuk kamu yang memilih berdiri di bagian atap terbuka, tetap hati-hati ya.

4. Tiba di tujuan, turun dengan tertib


Setelah tiba di halte tujuan, kamu harus turun dengan tertib dan tidak terburu-buru. Misal, kamu naik bus wisata dari IRTI Monas menuju Istiqlal. Setelah sampai Istiqlal, turunlah di halte yang telah ditentukan. Namun, jika kamu ingin terus melanjutkan perjalanan kembali ke IRTI Monas, kamu bisa tetap berada di bus.

Demikian artikel tentang cara naik bus wisata Transkarta untuk kamu yang mau keliling Jakarta. Semoga bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)