Kurangi Penggunaan Plastik, DKI Siapkan Besek Bambu untuk Daging Kurban

Selasa, 30 Juli 2019 - 13:02 WIB
Kurangi Penggunaan Plastik, DKI Siapkan Besek Bambu untuk Daging Kurban
Kurangi Penggunaan Plastik, DKI Siapkan Besek Bambu untuk Daging Kurban
A A A
JAKARTA - Tekad Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, sebagai wadah pembungkus daging kurban dibuktikan dengan penyedian pasokan bahan ramah lingkungan berupa besek bambu langsung dari pengrajin.

"Jadi sejak pekan lalu, PD Pasar Jaya sudah aktif mengumpulkan supplier besek. Jadi, buat para pengrajin besek, saya ingin sampaikan Jakarta siap menampung hasil produksi besek bapak-ibu sekalian," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, di Masjid Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).

Anies berharap langkah ini dapat menyadarkan masyarakat dari buruknya penggunaan plastik sekali pakai bagi lingkungan sekitar. ( Baca: Pemprov DKI Larang Panitia Gunakan Kantong Plastik Sekali Pakai )

Selain itu, dengan menggunakan besek bambu nantinya ikut menggerakkan roda perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberikan manfaat pada para pengrajin besek.

"Jadi nanti ribuan masjid di Jakarta kalau kita ganti dari plastik ke bambu artinya manfaatnya dirasakan oleh petani-petani dan pengrajin bambu di pelosok sana," ungkap Anies.

Anies menjamin masyarakat yang ingin membeli besek bambu tak kesulitan, sebab pasokannya sudah tersedia di seluruh Pasar Jaya.

Terakhir, Anies berharap masyarakat makin antusias memakai bahan ramah lingkungan lain seperti, wadah makanan, kantong belanja, atau kertas makanan, di idul kurban yang akan berlangsung 11-12 Agustus 2019 nanti.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3592 seconds (0.1#10.140)