Dishub DKI Gelar Uji Laik Puluhan Bus di Terminal Tanjung Priok

Selasa, 09 April 2019 - 22:43 WIB
Dishub DKI Gelar Uji Laik Puluhan Bus di Terminal Tanjung Priok
Dishub DKI Gelar Uji Laik Puluhan Bus di Terminal Tanjung Priok
A A A
JAKARTA - Petugas gabungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dinas Perhubungan DKI, Sudin Perhubungan Jakarta Utara, dan Polda Metro Jaya menggelar pra-rump check di Terminal Tanjung Priok. Kegiatan ini digelar untuk mengukur sejauh mana kelaikan armada bus sebelum memasuki Idul Fitri 2019.

Kepala Terminal Tanjung Priok, Mulya mengatakan, pra-rump check digelar sejak Sabtu, April 2019 lalu hingga Minggu, 28 April 2019 mendatang. Hingga saat ini, kegiatan ini telah memeriksa kelaikan pada 27 unit armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Sebelumnya ada 10 unit dan hari ini ada 17 unit armada bus AKAP," kata Mulya saat ditemui di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (9/4/2019). Menurut dia, pra-rump check dilakukan petugas dengan memeriksa kelaikan armada bus di antaranya kelaikan ban, rem, lampu, dan kaca.

Hal itu dilakukan demi menunjang keselamatan penumpang saat menumpangi armada bus AKAP tersebut. "Intinya untuk kelaikan armada bus, sehingga dapat menjamin keselamatan penumpang," jelasnya.

Untuk saat ini, lanjut dia, kegiatan ini hanya sebatas peringatan agar pemilik memiliki jeda waktu untuk segera melengkapi kelaikan armada bus AKAP.
Jika belum juga dilengkapi hingga menjelang libur lebaran, maka tak segan petugas akan memberhentikan operasional armada Bus AKAP tersebut.

"Untuk saat ini baru sebatas peringatan. Tapi jika tak kunjung diperbaiki, maka kami akan menindak dengan pencabutan operasional bus AKAP," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7496 seconds (0.1#10.140)