Proyek Underpass di Jalan Ahmad Yani Ditargetkan Beroperasi April 2019

Rabu, 05 Desember 2018 - 15:11 WIB
Proyek Underpass di Jalan Ahmad Yani Ditargetkan Beroperasi April 2019
Proyek Underpass di Jalan Ahmad Yani Ditargetkan Beroperasi April 2019
A A A
BEKASI - Pemerintah pusat akan membangun underpass di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi untuk kompensasi pembangunan tol Bekasi Cawang, Kampung Melayu (Becakayu). DItargetkan underpass tersebut sudah bisa difungsikan pada April 2019 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, pemerintah meminta kepada kontraktor Tol Becakayu untuk membuat underpass sebagai jalan alternatif yang berlokasi di sisi kantor Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Sisi Selatan Kalimalang.

"Underpass itu akan menghubungkan lalu lintas kendaraan dari Jalan M Hasibuan menuju Metropolitan Mal Jalan Sisi Selatan Kalimalang," katanya kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Apalagi, kata dia, di Simpang BCP ini akan ditancapkan 'pier head' yang cukup besar untuk menopang badan jalan tol Becakayu menyeberang Jalan Ahmad Yani, sehinga pasti ada penutupan jalan.

Untuk merealisasikanya, underpass Jalan Ahmad Yani baru pada tahap pembuatan kontrak kerja dan ditargetkan berjalan konstruksinya dalam waktu dekat. Sehingga, pemerintah menargetkan pada April 2019 mendatang, underpass itu sudah bisa digunakan masyarakat Bekasi.

Bahkan, selama proses pembuatan underpass, pemerintah akan melakukan terobosan. Diantaranya untuk menghindari kemacetan para itu, pemerintah akan menerapkan rekayasa lalu lintas mengingat proses penggalian terowongan tidak boleh ada lintasan kendaraan pada tanah di atasnya.

"Tidak bisa penggalian terowongan dilintasi kendaraan berat di atasnya. Kita juga tahu bahwa di lintasan Jalan Ahmad Yani bisa macet parah, jadi harus dilakukan rekayasa nantinya," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5180 seconds (0.1#10.140)