Pembongkaran JPO Bundaran HI Ditarget Rampung Satu Malam

Senin, 30 Juli 2018 - 23:09 WIB
Pembongkaran JPO Bundaran HI Ditarget Rampung Satu Malam
Pembongkaran JPO Bundaran HI Ditarget Rampung Satu Malam
A A A
JAKARTA - PT MRT Jakarta mulai melakukan pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Senin malam. Pengerjaan pembongkaran dilakukan sejak pukul 21.00 WIB, puluhan petugas Dinas Perhubungan membantu mengatur lalu lintas tepat di depan Bundaran HI.

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Jalan MH Thamrin menuju Medan Merdeka Barat dialihkan. Pengendara terpaksa harus berputar tepat di Bundaran HI. Sedangkan, lalu lintas dari arah Medan Merdeka Barat menuju MH Thamrin tetap berjalan seperti biasa.

Karena Pembongkaran JPO tersebut, lalu lintas di Jl MH Thamrin harus dialihkan. Berikut rekayasa lalu lintas selama pembongkaran JPO di sekitar Bundaran HI:

1. Senin (30/7/2018), mulai pukul 21.00 WIB sampai Selasa (31/7/2018) pukul 01.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin dari Jalan Sudirman menuju Monas dialihkan ke Jalan Imam Bonjol

2. Dari arah utara (Monas), masyarakat masih dapat melintasi area Bundaran HI menuju ke arah Jalan Sudirman hingga pukul 01.00 WIB pada lajur paling kiri.

3. Selasa (31/7/2018) mulai pukul 01.00 WIB sampai 06.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan MH Thamrin dari arah Monas menuju Jalan Sudirman dialihkan ke Jalan KH Wahid Hasyim atau Jalan Sunda (sebelum gedung Kedutaan Besar Prancis).

Wakadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pembongkaran JPO Bundaran HI yang tadinya direncanakan dua hari, akan dikebut menjadi semalam saja, dari Senin - Selasa (30-31 Juli)."Kami targetkan ini kelar satu malam. Pemberitahuan dari PT MRT Jakarta memang dua malam, tapi coba kami optimalkan satu malam selesai. Artinya sampai dengan besok tanggal 31 Juli, jam 06.00 WIB sudah dibongkar semua. Seluruhnya selesai," ucap Sigit di Jalan MH Thamrin, Senin (30/7/2018).

Diketahui, pengerjaan pembongkaran dibagi menjadi dua tahap, dimana tahap satu, JPO sisi barat, tepatnya di depan Plaza Indonesia terlebih dahulu dibongkar dari pukul 21.00-01.00 WIB. Arus lalu lintas pun diberlakukan bagi kendaraan yang melintas dari MH Thamrin menuju Medan Merdeka Barat.

"Pengalihan arus tahap 1 dari selatan ke utara kami alihkan. Jadi dari arah Semanggi ke Medan Merdeka, mulai dari Hotel Indonesia kami arahkan ke kanan ke Jalan Imam Bonjol, kemudian belok kiri ke Jalan KH Agus Salim. Lalu belok keri ke Wahid Hasyim lalu belok kanan ke Jalan MH Thamrin," lanjutnya.

Untuk tahap dua dilakukan di sisi timur, tepat di depan Hotel Pullman, dari pukul 01.00-06.00 WIB. "Lalu tahap 2 kami lakukan penuupan dari mulai Sarinah, kendaraan belok kiri ke Wahid Hasyim, belok kanan ke Agus Salim lalu ke Imam Bonjol dan seterusnya," ujarnya.

Ada sekira 50 petugas Dishub yang bertugas mengatur arus lalu lintas di lokasi.Meskipun begitu, masyarakat terlihat kesulitan berjalan kaki dan harus berjalan tepat di pinggir jalan bersama kendaraan lain.

"Yang pertama tentu petugas kita siapkan, kemudian pelican crossing kan kita jaga petugas selama 24 jam. Artinya pengguna ini kan masih bisa menggunakan akses mal untuk kemudian menggunakan akses pelican crossing," ucap Sigit.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7762 seconds (0.1#10.140)