18 Ribu Pendatang Baru Serbu Jaksel, Disdukcapil Gelar Operasi Biduk

Kamis, 12 Juli 2018 - 14:48 WIB
18 Ribu Pendatang Baru Serbu Jaksel, Disdukcapil Gelar Operasi Biduk
18 Ribu Pendatang Baru Serbu Jaksel, Disdukcapil Gelar Operasi Biduk
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan memprediksi jumlah pendatang baru yang masuk ke wilayahnya setelah Lebaran mencapai 18 ribu orang. Belasan ribu pendatang baru itu menyebar di 10 kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Selatan.Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, total pendatang baru di Ibu kota setelah Lebaran diprediksi mencapai 70 ribu orang. Dari jumlah tersebut 26,83% di antaranya berada di Jakarta Selatan.
"Estimasi kami di Jakarta Selatan itu jumlah pendatang barunya mencapai 18 ribu orang, tersebar di 10 kecamatan," katanya.

Menurut Marullah Jakarta memang memiliki daya tarik sendiri bagi pendatang baru untuk mencari peruntungan. Sebagai Ibu kota negara, Jakarta pun tak tertutup bagi para pendatang baru. Sehingga setiap tahunnya pendatang baru di kota ini selalu meningkat.

Kendati demikian, ia meminta kepada pendatang baru untuk melengkapi administrasi kependudukan jika akan datang ke Jakarta. Sehingga data pendatang baru bisa tercatat dengan baik.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan Abdul Haris menuturkan, pihaknya memusatkan operasi Bina Kependudukan (Biduk) di kawasan permukiman padat penduduk. Khususnya kawasan yang banyak rumah kontrakan dan indekos.

"Selain itu, Operasi Binduk juga menyasar kawasan penduduk yang dekat dengan transportasi umum," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6707 seconds (0.1#10.140)