Anies Bubuhkan Tanda Tangan Peresmian Pertama di Gereja HKBP Semper

Minggu, 29 Oktober 2017 - 18:52 WIB
Anies Bubuhkan Tanda Tangan Peresmian Pertama di Gereja HKBP Semper
Anies Bubuhkan Tanda Tangan Peresmian Pertama di Gereja HKBP Semper
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan didampingi istri Ferry Farhati meresmikan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Semper, Jakarta Utara, Minggu (29/10/2017). Tanda tangan Anies di prasasti gereja ini merupakan yang pertama di acara peresmian sejak menjabat Gubernur DKI.

Kehadiran Anies dalam peresmian gereja HKBP Semper ini tak lepas dari undangan artis Batak Marbisuk yang dibina salah satu tokoh Batak Jakarta, Donald Sihombing, yang juga sebagai salah panitia pembangunan di gereja itu.

Kedatangan Anies Baswedan disambut ratusan jemaat HKBP Semper dengan tari tor-tor (khas Batak). Kemudian panitia 'mengulosi' Anies dan istri sebagai wujud kecintaan dan penghargaan dari jemaat gereja setempat. Anies dan istri pun tampak gembira saat diulosi Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea. "Setiap kali saya bertemu dengan orang Batak, selalu dinamis dan memancarkan kasih. Ini peresmian dan tanda tangan pertama saya, kalau pertama itu tiada duanya," ujar Anies sedikit berseloroh.

Anies menyebutkan, dalam pembangunan tempat ibadah pasti akan menimbulkan masalah. Namun ia kagum bahwa jemaat di HKBP Semper bisa menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan masyarakat sekitar. "Dalam pembangunan pasti itu ada masalah, mungkin warga sekitar terganggu. Meski ada masalah, tetapi diberikan solusi. Ini bisa menjadi contoh bagi tempat ibadah di DKI Jakarta. Sampai sekarang ini salah satu asisten pribadi saya adalah seorang cucu mantan Praeses marga Doloksaribu," ungkap Anies.

Anies kembali menegaskan bakal memimpin ibu kota Jakarta untuk semua lapisan suku, agama, dan etnis alias tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain. Anies juga menyatakan bahwa ulos yang diterimanya memberi inspirasi untuk menjadi pengikat seluruh lapisan masyarakat ibu kota Jakarta yang heterogen dan kompleks. "Tenun itu harus kuat. Caranya dengan komunikasi baik yang terjalin antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya," katanya.

Anies sempat memuji dan menyampaikan kekagumannya pada masyarakat Sumatera Utara, karena kompak. “Semua urunan, baik tenaga, pikiran, gagasan, keringat, dan dana. Semua pihak saling bekerja sama dan gotong royong. Semangat gotong royong ini harus kita kembangkan dan interaksi dengan warga sekitar juga sangat baik," katanya.

Sementara itu, Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea mengucapkan terima kasih atas kedatangan Anies Baswedan. Pihaknya sebagai umat HKBP menitipkan kerukunan antarumat beragama kepada Anies yang meresmikan gereja ini.

“Ini pembangunan kita berkelanjutan. HKBP siap mendukung pelaksanaan pembangunan DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Pak Anies. Mari, umat Kristen Batak, kita merawat toleransi dan mendukung pemerintahan. Ini adalah kampung kita, ini adalah rumah kita bersama," kata David didampingi Pendeta Resort HKBP Semper Anggiat Hutabarat.

Hadir pula dalam peresmian gedung gereja itu anggota DPR dan Ketua Umum Panguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) Efendi Simbolon. Usai acara peresmian, dilanjutkan hiburan dan koor dari artis-artis Batak yang tergabung dalam Artis Batak Marbisuk yang diawaki Andi Situmorang, Joel Simorangkir, Herti Sitorus, Josmar Naibaho, dan lainnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)