Diduga Lakukan Pungli, PNS Pemkot Bekasi Menghilang

Rabu, 21 Desember 2016 - 19:24 WIB
Diduga Lakukan Pungli, PNS Pemkot Bekasi Menghilang
Diduga Lakukan Pungli, PNS Pemkot Bekasi Menghilang
A A A
BEKASI - Seorang pegawai di Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD), berinisial P (30) diduga melakukan pungli dengan meminta sumbangan kepada pengusaha. Aksinya terbongkar setelah pengusaha tersebut mengkonfirmasi permintaan sumbangan ke instansi pelaku.

”Kami sudah laporkan yang bersangkutan kepada BKD,” ujar Sekretaris BPBD Kota Bekasi, Asep Heryanto, Rabu (21/12/2016). Menurut dia, pegawai P tersebut sudah tidak masuk selama sebulan usai kasus ini mencuat.

Kasus ini terbongkar, lanjutnya, setelah seorang pengusaha menghubungi kantornya. Pengusaha itu mengkonfirmasi proposal sumbangan pada pertengahan Oktober lalu.

Saat mendapat telepon itu, kata dia, pegawai BPBD yang ada di kantor terkejut dan melaporkan hal ini ke Kepala BPBD. ”P mengakuinya, dia meminta sumbangan untuk kepentingan diri sendiri,” katanya.

Dalam proposal itu P meminta sejumlah logistik yang biasa diperlukan oleh korban bencana seperti makanan siap saji, air mineral, selimut dan sebagainya. Padahal, kata Asep, persediaan barang tersebut masih banyak di dalam gudang.

Kabid Bina Kepegawaian pada BKD Kota Bekasi, Sajekti Rubiah menambahkan sudah mendapat laporan secara lisan terkait hal itu. ”Laporan sudah kami terima secara lisan, bukan melalui surat,” tambahnya.

Meski begitu, kata dia, lembaganya baru bisa memberi sanksi bila sudah ada hasil penelitian khusus dari Inspektorat Kota Bekasi. Menurut dia, hasil penelitian khusus itu akan dijadikan acuan dalam pemberian sanksi.

Kepala Inspektorat Kota Bekasi, Cucu Syamsudin mengaku, belum mendapat laporan terkait hal itu dari BPBD Kota Bekasi. Untuk itu, dia meminta BPBD segera melaporkan hal ini secara resmi lewat surat ke lembaganya. ”Itu pungli, segera laporkan kepada kami,” ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7257 seconds (0.1#10.140)