Panglima TNI Instruksikan Prajurit Netral di Pilgub DKI

Rabu, 05 Oktober 2016 - 14:09 WIB
Panglima TNI Instruksikan Prajurit Netral di Pilgub DKI
Panglima TNI Instruksikan Prajurit Netral di Pilgub DKI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjamin netralitas TNI dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2017. Terlebih, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono, mantan anggota TNI yang maju mencalonkan diri.

Gatot mengaku, telah memberikan instruksi kepada para Panglima untuk netral di Pilgub DKI Jakarta. Instruksi tersebut disampaikan Gatot sesaat setelah Agus menyampaikan surat pengunduran diri dari TNI.

"Saya kumpulkan semua Panglima di Cimahi dan saya perintahkan untuk netral. Berpihak kepada terwujudnya keamanan," kata Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2016).

Gatot menambahkan, dirinya telah memita para Panglima untuk meneruskan instruksinya hingga tingkat prajurit terendah.

Instruksi tersebut diberikan lantaran Agus pernah menjabat Komandan Batalyon yang membawahi wilayah Tangerang dan Jakarta. Sehingga, secara psikologis tak menutup kemungkinan ada prajurit yang bersimpati dan memberikan dukungan.

"Saya intruksikan hingga kepada prajurit yang terendah, sehingga mereka paham betul apa yang dikatakan netral," ucap Gatot.

Dalam kesempatan itu, Gatot juga meminta kepada masyarakat untuk mengawasi netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada. Gatot memastikan, tiap-tiap pelanggaran yang dilaporkan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh TNI.

"Apabila ada anggota TNI yang terindikasi berbuat tidak netral tolong dilaporkan kepada instansi-instansi TNI terdekat, dengan identitas yang jelas," ucap Gatot.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7266 seconds (0.1#10.140)