Elektabilitas Sandiaga Uno Mulai Dekati Ahok

Rabu, 22 Juni 2016 - 20:04 WIB
Elektabilitas Sandiaga Uno Mulai Dekati Ahok
Elektabilitas Sandiaga Uno Mulai Dekati Ahok
A A A
JAKARTA - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno semakin diperhitungkan sebagai salah satu kandidat yang akan meramaikan Pilgub DKI 2017. Riset yang dilakukan Survey & Polling Indonesia (SPIN) menempatkan Sandiaga pada urutan kedua setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Direktur SPIN Igor Dirgantara mengatakan, pihaknya melakukan riset telepolling tentang kandidat yang menyatakan minat dan niat maju di Pilgub DKI Jakarta 2017. Hasilnya, Ahok berada di peringkat pertama (34,1%) disusul Sandiaga Uno (15,2%), Yusril Ihza Mahendra (14,7%), Adhyaksa Dault (11,2%), Abraham Lunggana (10,7%), dan Sjafrie Sjamsoeddin (9,5%).

Igor menuturkan, riset dilaksanakan pada 10-15 Juni 2016 dengan mengambil sampel 500 responden pengguna telepon di lima wilayah DKI Jakarta, minus Kepulauan Seribu secara acak dari buku telepon PT Telkom. Adapun tingkat kesalahan plus minus 4,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

"Popularitas Sandiaga Uno merangkak naik secara signifikan. Ini dikarenakan Sandiaga adalah calon yang paling gencar bersosialisasi mengunjungi berbagai lapisan masyarakat di Jakarta. Selama tiga bulan Sandiaga telah mengunjungi 105 kelurahan. Peningkatan popularitas dan elektabilitas Sandiaga berjalan seiring dengan semakin dikenal publik DKI," jelas Igor kepada wartawan, Rabu (22/6/2016).

Igor pun melanjutkan, pria yang akrab disapa Sandi Uno itu juga rajin menjalin komunikasi dengan partai politik. Bahkan Sandiaga mau mengikuti penjaringanparpol di luar Gerindra, seperti PDIP, Demokrat, PKB, PKS, PAN, dan PPP. Ini menunjukkan fleksibilitas Sandiaga sebagai seorang kandidat.

Faktor lain yang meningkatkan elektabilitas Sandiaga yaitu penampilan fisik yang menarik. Calon yang menarik secara fisik bisa memperoleh suara tiga kali lebih banyak daripada sebaliknya, terutama dari segmen pemilih pemula dan perempuan.

"Karena kesan pertama yang bermula dari penampilan fisik seseorang biasanya sulit tergoyahkan. Diantara semua kandidat, Sandiaga Uno adalah yang paling muda dan good looking," tambahnya.

Menanggapi hasil riset tersebut, Sandiaga Uno mengatakansangat mengapresiasi riset yang dilakukan oleh SPIN, "Tentu saja saya sangat bersyukur apabila dikatakan elektabilitas terus naik. Terus terang hasil survei ini tak jauh beda dengan survei internal yang telah dilakukan oleh tim kami. Namun yang terpenting bagi saya saat ini adalah tetap fokus dan berusaha sebaik mungkin," kata Sandi.

Menurut Sandiaga Uno, masih terlalu dini untuk bicara peluang dalam pertarungan memperebutkan kursi DKI 1. "Yang jelas saya beserta tim sukses akan terus bekerja keras dan menjaga semangat untuk membawa Jakarta menjadi lebih baik," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3446 seconds (0.1#10.140)