Mendadak, Belasan Mahasiswa IPB Terserang Hepatitis A

Kamis, 10 Desember 2015 - 00:11 WIB
Mendadak, Belasan Mahasiswa IPB Terserang Hepatitis A
Mendadak, Belasan Mahasiswa IPB Terserang Hepatitis A
A A A
BOGOR - Sebanyak 17 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tinggal di asrama maupun rumah indekos di Dramaga, Kabupaten Bogor terjangkit hepatitis A. Hingga kini pihak kampus berupaya mengetahui penyebab tersebarnya penyakit tersebut ke mahasiswa.

Seluruh mahasiswa IPB yang terkena hepatitis A itu kini mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi.

Informasi diperoleh menyebutkan, jumlah mahasiswa tersebut terus bertambah dalam kurun waktu dua pekan. Bahkan, satu diantaranya yakni Senna, mahasiswa angkatan 49 Fakultas Kehutanan, IPB itu meninggal dunia di Medan setelah sempat mendapatkan perawatan medis selama empat hari di RS Karya Bhakti Pertiwi. Pasalnya, Senna dipulangkan ke kampung halamannya karena tidak memiliki biaya untuk terus menjalani perawatan.

Hikam, mahasiswa angkatan 51 yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi, Dramaga, Kabupaten Bogor, sejak hari Senin (7/12/2015), menuturkan gejalanya pusing dan mual.

"Awalnya mual, demam, mata kuning, pas masuk sini (RS Karya Bhakti Pertiwi) dokter bilang saya kena penyakit hepatitis," tuturnya di ruang Vanda III/1 Rumah Sakit Karya Bhakti Pertiwi, Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (9/12/2015).

Sementara itu, Kepala Kantor Hukum, Promosi dan Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti membenarkan sejumlah mahasiswa dalam dua pekan terakhir banyak yang terserang hepatitis A.

"Memang ada sejumlah mahasiswa IPB yang terkena dan suspect hepatitis A. Untuk jumlah pasti mahasiswa yang terserang, hingga saat ini kita masih melakukan pendataan ulang," tuturnya saat dikonfirmasi.

Tak hanya itu pihaknya juga tengah melakukan asessment guna mengidentifikasi awal mula penyebaran penyakit hepatitis A. "Sampai saat ini kami masih melakukan asessment penyebaran penyakit hepatitis yang menjangkiti sejumlah mahasiswa IPB," tuturnya.

Menurutnya, mahasiswa yang terjangkit hepatitis A berasal dari berbagai program studi dan semester. Namun sebagian besar yang terjangkit adalah mahasiswa baru IPB yang tinggal di asrama IPB. "Sementara paling banyak adalah mahasiswa yang tinggal di asrama dan kosan yang terjangkit hepatitis," katanya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut pihak IPB akan melakukan langkah-langkah dan pencegahan kasus hepatits A, dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

"Kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor untuk tindak lanjut secara komprehensif," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4956 seconds (0.1#10.140)