Ahok Diprediksi Maju via Parpol, Ini yang Dilakukan PKS & Gerindra

Rabu, 27 Juli 2016 - 07:15 WIB
Ahok Diprediksi Maju via Parpol, Ini yang Dilakukan PKS & Gerindra
Ahok Diprediksi Maju via Parpol, Ini yang Dilakukan PKS & Gerindra
A A A
JAKARTA - Sejumlah partai politik (parpol) di Jakarta memprediksi calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan maju melalui jalur partai untuk Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, kemungkinan besar Ahok akan maju melalui jalur politik mengingat sudah ada tiga partai politik yang mendukungnya, yakni Golkar, Nasdem dan Hanura. Syakir pun mengapresiasi bila hal itu benar terjadi.

Menurut Syakir, itu merupakan sikap politik Ahok untuk menentukan kendaraannya maju kembali menjadi kepala daerah DKI Jakarta.
"Kami dengar akan deklarasi besok (hari ini). Malah info yang kami dapat, Ahok akan maju lewat partai pendukungnya. Bagi kami tidak masalah, yang penting ada kebersamaan," kata Syakir Purnomo di ruang Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta pada Selasa, 26 Juli 2016 kemarin.

Syakir menjelaskan, PKS yang hanya memiliki 11 kursi di DPRD DKI Jakarta, tentunya harus berkoalisi untuk dapat mengusung calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Saat ini, kata dia, komunikasi politik yang dilakukan dengan partai-prtai di luar partai pendukung Ahok semakin intens dan kuat, terutama dengan Gerindra dan PDI Perjuangan.

Menurut Syakir, PKS dan sejumlah partai politik tersebut menginginkan kebersamaan dalam menjalani demokrasi di Jakarta sebagai etalase politik nasional. Dia pun berharap agar para petinggi partai mempertimbangkan hasil kinerja sejumlah partai politik di tingkat daerah Jakarta.

"Kami selaku pimpinan partai daerah semakin solid dan kuat untuk bersama-sama mencari pemimpin yang santun, beradab dan dekat dengan rakyat," ujarnya.

Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Gerindra Syarief menyebutkan, Gerindra pastinya akan mengamankan terlebih dahulu syarat kursi untuk mengusung calon pasangan. Untuk itu, safari politik DPD Partai Gerindra telah dimulai sejak awal Januari lalu.

Sejauh ini, lanjut dia, hampir dengan semua partai terkecuali Golkar, Hanura dan Nasdem, sepakat untuk mencari pemimpin yang santun, berakhlak dan terpenting dekat dengan rakyat. Termasuk dengan PDI Perjuangan.

"Nah kita tinggal tunggu ketua umum mengumumkan salah satu dari tiga calon yang akan diusung. Apakah Sandiaga, Sjafrie atau Yusril. Salah satunya tentu kesepakatan dari koalisi partai yang akan dibangun kembali ditingkat DPP. Awal
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5681 seconds (0.1#10.140)