Ogah Dukung Ahok, Golkar Akan Berkoalisi dengan Parpol Ini

Jum'at, 20 Mei 2016 - 02:03 WIB
Ogah Dukung Ahok, Golkar Akan Berkoalisi dengan Parpol Ini
Ogah Dukung Ahok, Golkar Akan Berkoalisi dengan Parpol Ini
A A A
JAKARTA - Partai Golkar dipastikan tidak akan mendukung calon gubernur petahana Basuki T Purnama (Ahok) dalam Pilgub DKI 2017. Rencananya, Golkar akan berkoalisi dengan parpol lain seperti PDIP, Gerindra, dan PKS.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI, Zainuddin menyatakan, partai Golkar tidak akan mendukung Ahok lantaran sudah memantapkan diri untuk maju dalam jalur independent pada Pilkada 2017.

Sebab, untuk membangun Jakarta lebih baik diperlukan kerjasama bukan perseorangan. Hal itu pun terbukti pada dua tahun kepemimpinan Ahok usai meninggalkan partai Gerindra.

"Penyerapannya rendah. Semua aturan ditabrak, kebijakan berbuntut masalah. Jadi jelas, Golkar akan mengusung cagub dari jalur partai," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (19/5/2016).

Dengan modal sembilan kursi di DPRD DKI Jakarta, lanjut Zainuddin, Golkar harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon. Sebab syarat untuk dapat mengusung calon adalah memiliki 22 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Zainuddin pun telah memelakukan hitung-hitungan matematika politik. "Hasilnya ada beberapa partai yang kami anggap tepat untuk Partai Golkar berkoalisi yaitu dengan PDIP, Gerindra, dan PKS," pungkasnya.

Kendati demikian, Zainuddin menyatakan akan melakukan safari politik ke seluruh pimpinan partai di Jakarta, kecuali Hanura dan Nasdem. Tentunya, dalam komunikasi nantin pihaknya akan membicarakan arah pembangunan Jakarta, persamaan visi-misi, dan kesepakatan pasangan calon (paslon) diantara teman koalisi.

"Peran itu untuk menang. Jadi tidak mungkin koalisi dengan Hanura dan nasdem. Kalau dengan PDI Perjuangan yang memiliki 28 kursi. Partai Gerindra 15 kursi dan PKS 11 kursi, peluang menang itu besar," ungkapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2402 seconds (0.1#10.140)