Ini Alasan Yusril Keukeuh Maju Pilgub DKI Jakarta

Jum'at, 22 April 2016 - 19:04 WIB
Ini Alasan Yusril Keukeuh Maju Pilgub DKI Jakarta
Ini Alasan Yusril Keukeuh Maju Pilgub DKI Jakarta
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra menegaskan, komitmennya untuk membenahi Ibu Kota melalui pencalonan dirinya sebagai orang nomor satu di Jakarta. Yusril mengaku didaulat untuk membenahi Ibu Kota sebagai pintu gerbang negara.

"Dua bulan lalu saya didaulat kawan-kawan maju Gubernur Jakarta. Banyak orang bertanya, untuk apa sih (maju Pilgub), sudah 3x jadi menteri. Untuk apa, yaitu untuk membenahi negara. Karena membenahi negara harus dibenahi dari ibu kotanya. Bagus Ibu Kota, bagus pula negaranya, tetapi rusak Ibu Kota, rusak pula negaranya," katanya di Taman Lingkar Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) Depok, Jumat (22/4/2016).

Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) ini menambahkan, banyak masalah di Ibu Kota yang tak kunjung selesi karena tumpang tindih peraturan dengan pemerintah pusat.

"Masalah pusat dan daerah tak kunjung selesai, kami tahu Jakarta Ibu Kota negara RI. Ada UU tentang DKI Jakarta. Di satu sisi, Ibu Kota negara tetapi di satu sisi daerah Ibu Kota, ada bertentangan pusat dan daerah pada lokasi yang sama. Kewenangan pemerintah pusat hanya di pagar istana, di luar itu pemerintah daerah," tukasnya.

Yusril mencontohkan, masalah yang terjadi di Ibu Kota dan tak kunjung selesai seperti lalu lintas, banjir, hingga sampah. Menurutnya akan lebih baik Jakarta berada di bawah langsung pemerintah RI.

"Pernahkah bayangkan ada ketegangan antara Jakarta dan pemerintah pusat? Apa yang akan terjadi jika tak akan terlaksana, banyak masalah tumpang tindih," tandasnya. (Baca: Margarito Sebut Yusril Lawan Kuat Ahok di Pilgub DKI 2017)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9723 seconds (0.1#10.140)