alexa snippet

Ini Kata Dinas Pertamanan dan Pemakanan DKI Soal Taman Kalijodo

Ini Kata Dinas Pertamanan dan Pemakanan DKI Soal Taman Kalijodo
Waktu pembangunan RTH kawasan Kalijodo ada di asisten pembangunan DKI Jakarta. (Ilustrasi/dok. Sindophoto)
A+ A-
JEMBER - Waktu pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Kalijodo ada di asisten pembangunan DKI Jakarta. Dinas pertamanan dan Pemakaman hanya diminta untuk membuat desain.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Diah kurnia. Dia pun memprediksi, desain itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Sebelumnya memang sudah ada desainnya. Tapi kami diminta buat secara detail. Termasuk dengan anggaranya. Kalau desin yang tersebar di media kemarin masih secara kasar," ujarnya di Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Pembangunan RTH di kawasan Kalijodo, kata Ratna, hanya dilakukan di bagian utara Jakarta seluas tiga hektar. Sementara di bagian barat Jakarta seluas 5.000 meter akan dibuat Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

Untuk desain RTH, lanjut Ratna, sepenuhnya dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Sedangkan RPTRA diserahkan kepada pengembang.

"Nanti untuk RTH designya lebih banyak kepada penghijauan. Tetap ada joging track, lapangan futsal dan tempat ibadah. Tetapi lebih diperbanyak penghijauannya. Kita buat semacam taman kota sebagai paru-paru kota," tegasnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menuturkan, pembangunan Kalijodo menjadi taman masih menunggu siapa pengembang yang kira-kira dapat membangunya. Menurutnya, saat ini banyak yang sudah mau.

"Banyak kok. Karena itu kelihatan dari Bandara. Tapi saya mau desainnya diubah," katanya.



(mhd)
views: 7.296
loading gif
Top