Fenomena Ikan Berterbangan ke Darat, KPKP Jakut: Jangan Takut, Aman Dikonsumsi

Rabu, 11 Januari 2023 - 04:20 WIB
loading...
Fenomena Ikan Berterbangan ke Darat, KPKP Jakut: Jangan Takut, Aman Dikonsumsi
Sejumlah pekerja di Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok memungut fenomena ikan yang beterbangan ke darat. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Fenomena alam ikan berterbangan ke daratan kembali terjadi di wilayah pesisir Jakarta Utara. Kali ini terjadi di salah satu dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan rekaman video amatir yang diterima, sejumlah petugas pelabuhan terlihat asik mengambil puluhan ikan yang melompat ke ujung dermaga.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto menyebut ribuan ikan itu aman dikonsumsi.

”Infonya seperti itu tetapi kami pastikan kalaupun ikan naik ke darat itu dari hasil uji laboratorium yang dilakukan beberapa hari lalu di Pulau Seribu enggak ada racun jadi layak dikonsumsi masyarakat gak usah panik,” kata Unang dikonfirmasi, Rabu (10/1/2023).

Dijelaskan Unang, fenomena alam ribuan ikan berterbangan ke daratan itu diakibatkan perbedaan suhu dan oksigen pada air laut. Bukan hanya di Jakarta tapi juga sejumlah wilayah pesisir di Indonesia.



”Itu fenomena alam kejadiannya di mana, di NTT juga iya, itu karena ada perbedaan suhu dan oksigen sehingga ikan ke atas mencari udara karena efek cuaca yang ekstrem dengan adanya air tawar masuk ke situ,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)