11 Rumah Sakit di Jakarta Ini Sediakan 'Sabu'

Sabtu, 07 Januari 2023 - 06:27 WIB
loading...
11 Rumah Sakit di Jakarta Ini Sediakan Sabu
Ada sebanyak 11 RS di Jakarta yang menyediakan serum antibisa ular (sebau), salah satunya RS Persahabatan, Jakarta Timur.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menginformasikan sebanyak 11 Rumah Sakit (RS) di Jakarta menyediakan serum antibisa ular (sabu). Masyarakat yang digigit ular dan membutuhkan serum antibisa ular tersebut dapat mendatangi 11 RS tersebut.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI, Ngabila Salama meminta masyarakat agar waspada gigitan ular saat musim penghujan saat ini. Perlu penanganan khusus saat awal tergigit ular salah satunya meminimalisir pergerakan di bagian tergigit misal tangan dan kaki.

"Tatalaksana awal semua bentuk gigitan ular dengan imobilisasi, yaitu minimalisir pergerakan pada lokasi gigitan ular baik di tangan dan kaki. Tatalaksana awal ini harus benar, karena jika tidak benar akan menimbulkan komplikasi serius dan kematian," kata Ngabila saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat, 6 Januari 2023.

Langkah kedua, lanjut dia, segera menghubungi Jakarta Siaga di nomor telepon 112 atau ambulans terdekat untuk segera membawa pasien ke Puskesmas/ Rumah Sakit/ Fasilitas Kesehatan terdekat.

Menurut dia, Dinkes DKI menyediakan sabu. Namun, tidak semua gigitan ular membutuhkan sabu.

"Tidak semua gigitan ular membutuhkan sabu. Tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan segera melapor dan mengonsultasikan kasus kepada ahli di nomor berikut; 085334030409," ujarnya.

Ngabila menuturkan, sabu diberikan gratis dan ditanggung BPJS Kesehatan jika gigitan tidak disengaja. "Jika gigitan disengaja karena bermain dengan ular maka tidak dapat ditanggung pembiayaannya," tuturnya.

Berikut 11 RS yang memiliki stok Sabu di Jakarta;

- RSCM Jakarta Pusat
- RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat
- RSUD Tarakan Jakarta Pusat
- RSPI Sulianti Saroso Jakarta Utara
- RS Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara
- RSUD Cengkareng Jakarta Barat
- RSUP Fatmawati Jakarta Selatan
- RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan
- RSUD Jatipadang Jakarta Selatan
- RSUP Persahabatan Jakarta Timur
- RS Haji Jakarta Timur

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)