Badai 28 Desember, BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Umumnya Hujan Sedang dan Lebat

Rabu, 28 Desember 2022 - 07:00 WIB
loading...
Badai 28 Desember, BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Umumnya Hujan Sedang dan Lebat
Hujan dengan intensitas sedang disertai petir terjadi di Jakarta. BMKG juga meramalkan cuaca hari ini akan diguyur hujan sedang hingga lebat. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi akan terjadi hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022). Hal tersebut dikatakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Dia juga menepis informasi yang mengatakan akan terjadi fenomena badai di wilayah Jabodetabek pada hari ini."Hujan ekstrem enggak harus berupa badai," kata Dwikorita dalam paparannya secara daring, Selasa 27 Desember 2022.

Senada dengan Dwikorita, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, prakiraan cuaca pada hari ini adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Prakiraan cuaca pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Namun bukan badai," tegasnya.

Bahkan, kata Guswanto, hujan dengan intensitas sedang, lebat, hingga sangat lebat masih berpotensi terjadi sampai awal Januari 2023.

Untuk itu, Guswanto mengimbau agar masyarakat waspada dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun. Masyarakat pun, kata Guswanto, harus tetap tenang, dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," ucapnya.



Sebelumnya, peneliti Klimatologi di Pusat Riset Iklim, dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin mengungkap, adanya potensi banjir besar di Jabodetabek akibat cuaca ekstrem pada Rabu (28/12/2022).

Bahkan Erma mengimbau agar masyarakat di wilayah Tangerang dan Banten dapat bersiap dengan hujan ekstrem dan badai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)