Ornamen Nusantara Hiasi Gereja Katedral Jakarta, Pastor: Pesan Cinta Tanah Air

Minggu, 25 Desember 2022 - 20:51 WIB
loading...
Ornamen Nusantara Hiasi Gereja Katedral Jakarta, Pastor: Pesan Cinta Tanah Air
Warna baru menghiasi Gereja Katedral Jakarta saat perayaan Natal 2022. Foto: MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Warna baru menghiasi Gereja Katedral Jakarta saat perayaan Natal 2022. Sejumlah ornamen bernuansa nusantara turut menghiasi gereja yang dibangun pada tahun 1807.

Berdasarkan pantauan, terdapat patung mengenakan kain batik. Patung tersebut melingkari pohon Natal yang berada di halaman Gereja Katedral.

Dalam pohon Cemara itu, terdapat bola yang berisi wayang mini. Di sekitar patung, ada tanaman hias untuk mempercantik ornamen.
Baca juga: Jadwal Lengkap Misa Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta

Pastor Kepala Paroki Katedral Romo Hani R Hartoko mengatakan, ornamen Natal 2022 bernuansa nusantara agar jemaat mengingatkan mencintai budaya sendiri.

"Kita ingin melalui berbagai usaha ini menegaskan dan mengingatkan pesan cinta Tanah Air. Kita beragam Bhineka sekaligus juga perlu diketahui yang tadi disampaikan bapak Uskup tentang Sumpah Pemuda," ujar Hani di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12/2022).

Ada juga boneka menggunakan baju-baju dari representasi beberapa daerah di Indonesia. Boneka tersebut dibuat dari kayu jati buatan warga Jepara, Jawa Tengah.

"Yang satu boneka DKI Ondel-Ondel Betawi, satu Kalimantan karena akan bergerak pindah ke sana," ucapnya.

"Kemudian, wayang di dalam iman Kristiani sungguh menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan dan memaknainya dalam perspektif Kristiani," sambungnya.

Romo Hani berharap ornamen boneka juga dapat mengingatkan jemaat untuk saling merawat, memelihara, mengembangkan budaya.

"Karena kita beriman dengan seni dan budaya juga dengan kegembiraan. Umat juga senang foto-foto meningkatkan rasa kegembiraan, saya kita gitu," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)