Polwan Korban Pemukulan Simpatisan Parpol Lapor ke Polda Metro Jaya

Jum'at, 16 Desember 2022 - 13:03 WIB
loading...
Polwan Korban Pemukulan Simpatisan Parpol Lapor ke Polda Metro Jaya
Massa simpatisan parpol tertentu berunjuk rasa di depan Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polwan Aipda Evi Sapta Riani membuat laporan ke Polda Metro Jaya setelah menjadi korban pemukulan saat mengawal aksi simpatisan parpol tertentu di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Aksi itu berlangsung ricuh.

"Benar, ada laporan itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (16/12/2022).
Baca juga: Halau Massa di Depan KPU, 1 Polwan Dipukul Perempuan Simpatisan Parpol

Pemukulan terjadi saat aksi dorong antarmassa aksi dengan petugas kepolisian. Buntut aksi dorong tersebut pelapor berupaya menenangkan massa yang mayoritas perempuan.

"Terjadi aksi saling dorong mendorong antara massa unjuk rasa dengan polisi yang sedang melaksanakan tugas pengamanan karena mereka memaksa masuk ke KPU. Tiba-tiba terlapor menampar wajah korban. Atas kejadian tersebut korban merasa dirugikan," ujarnya.

Laporan tersebut masih diteliti penyidik. Pihak terlapor tertulis atas nama Ersa Elisa. Pelapor menyertakan sejumlah barang bukti di antaranya hasil visum, rekaman CCTV, dan surat tugas.

Terlapor dilaporkan atas dugaan tindak pidana melawan petugas yang sedang melaksanakan tugas dan atau penganiayaan dan atau perbuatan tidak menyenangkan sebagaimana diatur dalam Pasal 212 KUHP dan atau Pasal 352 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP.

Sebelumnya diberitakan, seorang perempuan yang merupakan simpatisan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) diamankan akibat aksi massa berujung ricuh di depan Gedung KPU. Aksi tersebut menyusul tidak lolosnya Prima pada tahapan verifikasi administrasi KPU.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)