Pemprov DKI: Kampung Tangguh Wujudkan Ketertiban dan Ketahanan Masyarakat

Jum'at, 16 Desember 2022 - 09:26 WIB
loading...
Pemprov DKI: Kampung Tangguh Wujudkan Ketertiban dan Ketahanan Masyarakat
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendukung kegiatan Kampung Tangguh Jaya (KTJ) karena mewujudkan ketertiban dan ketahanan masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Diketahui program dan kegiatan KTJ ini merupakan upaya kerja sama antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dunia usaha serta masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Heru menyampaikan dalam mewujudkan lingkungan yang aman, tertib, dan nyaman dibutuhkan partisipasi seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan Kampung Tangguh Jaya ini.

Heru mengapresiasi kegiatan KTJ tahun ini yang tidak hanya fokus dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, namun juga memperhatikan ketahanan bencana dan ketahanan pangan.

Melalui kegiatan KTJ ini dapat memicu semangat masyarakat untuk meningkatkan kemandirian dalam mengelola keamanan dan ketertiban, kemandirian pangan sekaligus siaga bencana.

”Kerja bersama adalah kunci menuju sebuah kota yang tangguh dan berkelanjutan,” ucap Heru.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara turut menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan dunia usaha yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Sayembara KTJ 2022 yang telah bersinergi dengan Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta.

Diharapkan implementasi KTJ ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Pembinaan, penguatan serta pemberian apresiasi kepada kampung-kampung tangguh diharapkan dapat diselenggarakan di seluruh Indonesia.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menjelaskan KTJ ini merupakan program kolaborasi berbasis komunitas. Kegiatan ini terus berkelanjutan dengan melibatkan dunia usaha dan tahun ini diperluas bukan hanya melibatkan masyarakat Jakarta, tetapi Bodetabek.

Sebagai informasi, pembentukan KTJ bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengelola ketertiban dan keamanan. Selain itu, untuk menjadikan Kampung Tangguh Jaya sebagai sarana mengembangkan potensi dan pemberdayaan kewirausahaan.

Program dan Kegiatan Kampung Tangguh Jaya Tahun 2022 dilaksanakan pada 12 titik, yakni:

1. KTJ RW 05 Cibubur (Jakarta Timur)
2. KTJ RW 12 Pengasinan (Depok)
3. KTJ RW 20 Sukaragam (Kabupaten Bekasi)
4. KTJ RW 01 Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu) : Juara Pertama Sayembara KTJ Piala Kapolda Metro Jaya Tahun 2022
5. KTJ RW 04 Pakualam (Tangerang Selatan)
6. KTJ RW 06 Kemayoran (Jakarta Pusat)
7. KTJ RW 20 Muara Angke (Pelabuhan Tanjung Priok)
8. KTJ RW 05 Petukangan Utara (Jakarta Selatan)
9. KTJ RW 06 Gandasari (Tangerang Kota)
10. KTJ RW 15 Penjaringan (Jakarta Utara)
11. KTJ RW 026 Taman Harapan Baru (Bekasi Kota)
12. KTJ RW 03 Roa Malaka (Jakarta Barat)
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)