Cegah Genangan, Saluran Air Sepanjang 200 Meter di Jalan RA Kartini Dikuras

Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:06 WIB
loading...
Cegah Genangan, Saluran Air Sepanjang 200 Meter di Jalan RA Kartini Dikuras
Petugas SDA tengah melakukan pengerukan lumpur untuk mengantisipasi banjir. Karena dengan demikian air akan lebih lancar mengalirnya. Foto: Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air ( SDA ) Kota Jakarta Selatan menguras saluran air di Jalan RA Kartini, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak. Total panjang saluran air yang dikuras mencapai 200 meter, dengan kedalaman 1,5 meter.

Kasatpel Sudin SDA Kecamatan Cilandak Yansori mengatakan, upaya itu merupakan salah satu cara agar genangan yang terjadi ketika hujan dapat cepat teratasi. Karena dengan pengurasan, maka air mengalir dengan lancar melalui saluran tersebut.

"Pengurasan pada saluran yang lebar dan tinggi masing-masing dua meter mulai dilaksanakan tanggal 30 November 2022. Kegiatan itu juga salah satu normalisasi karena sedimen lumpurnya sudah sangat padat," ujarnya kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).



Dia menerangkan, guna pengerjaan saluran yang berada pada sisi kiri jalan raya dari arah Pondok Indah menuju Pasar Minggu dilakukan secara manual olehdelapan personel SDA Kecamatan Cilandak. Peralatan cangkul yang ada, digunakan untuk mengangkut sedimen lumpur ke karung.

Selain itu, pengurasan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini."Saat ini musim hujan, maka dengan dilakukan pengurasan saluran, selain akan lebih banyak menampung air juga mengalir lancar hingga saat hujan ketinggian genangan di jalan dapat diminimalisir," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)