Cegah Banjir, Satgas SDA Kemayoran Normalisasi Saluran Air

Jum'at, 09 September 2022 - 07:26 WIB
loading...
Cegah Banjir, Satgas SDA Kemayoran Normalisasi Saluran Air
Satuan Tugas Sumber Daya Air (Satgas SDA) Kecamatan Kemayoran melakukan normalisasi saluran. Foto: Dok/Pemkot Jakpus
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas Sumber Daya Air (Satgas SDA ) Kecamatan Kemayoran melakukan normalisasi saluran . Hal ini dilakukan agar genangan saat hujan lebat di Jalan Waja IV, Harapan Mulya, Jakarta Pusat, tidak terjadi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Kemayoran Supriyadi mengatakan, normalisasi saluran ini merupakan permintaan warga. Dia juga mengatakan, saluran ini juga kecil sekitar 20X30 cm sehingga menghambat air saat hujan deras. Baca juga: Antisipasi Banjir, Puluhan Drainase di Jakarta Utara Dibenahi

"Kita langsung tindak lanjuti permintaan warga menormalisasikan saluran yang semula berdimensi 20X30 cm menjadi 60X60 cm agar daya tampung air lebih banyak saat hujan lebat," kata Supriyadi dikutip MPI melalui Website resmi Pemkot Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2022).

Ia menambahkan, panjang saluran yang dinormalisasi sepanjang 166 meter dengan dimensi 60 kali 60 cm dengan mengunakan U-dict.

Pengerjaan saluran ini sudah berlangsung sejak 28 Juni 2022 dan akan rampung akhir Oktober 2022.



"Insya Allah, jika tidak ada halangan normalisasi saluran di Jalan Waja IV akhir Oktober 2022 selesai, sampai saat ini normalisasi saluran yang sudah kerjakan sepanjang 95 meter atau 57 persen," katanya.

Satgas SDA Kemayoran juga menggunakan sejumlah alat untuk mempermudan pekerjaan itu. Di antaranya petugas menggunakan alat cangkul dan linggis dengan Sembilan petugas. Baca juga: Buka Jakarta Biennale 2021, Anies: Jakarta Pusat Kegiatan Kesenian Indonesia

"Dalam melakukan normalisasi saluran Satgas SDA menggunakan cangkul, palu, ember, linggis, pengki, genset, dan breaker. Mengerahkan sembilan personel Satgas SDA Kecamatan," bebernya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1911 seconds (10.55#12.26)