5 Sungai Paling Kotor di Bekasi, Limbah Pabrik dan Sampah Jadi Masalah Utama

Senin, 05 Desember 2022 - 12:38 WIB
loading...
5 Sungai Paling Kotor di Bekasi, Limbah Pabrik dan Sampah Jadi Masalah Utama
Terdapat lima sungai paling kotor di Bekasi yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima sungai paling kotor di Bekasi yang bisa diketahui. Penyebabnya karena sampah maupun limbah pabrik yang membuat air menghitam.

Limbah yang dibuang oleh pabrik ini tidak hanya berupa cairan, namun juga benda padat serta sampah yang membuat aliran tersumbat dan kerap menyebabkan banjir.

Baca juga : Sekolah Sungai Didirikan di Muara Gembong Bekasi

Berikut lima sungai paling kotor di Bekasi :

1. Kali Jambe

Kotornya Sungai Jambe ini seringkali disebabkan oleh sampah warga. Bahkan untuk membersihkan sampah pada sungai ini diperlukan waktu tiga hari berturut-turut untuk membuatnya terbebas dari sampah.

Dilansir dari bekasikab.go.id, Pada Februari 2021 lalu, mulai diberlakukan aturan tegas agar warga tidak membuang sampahnya ke aliran sungai dengan menutup jalur akses pembuangan sampah.

2. Kali CBL

Bantaran Kali CBL (Cikarang Bekasi Laut) yang menghubungkan antara Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan hingga Desa Sukajaya ini juga terkenal kotor karena sampahnya.

Untuk menanggulangi masalah ini sempat diberlakukan aturan penutupan jalur akses dengan bantuan aparat Satpol PP yang nantinya akan menegakkan keamanan di wilayah tersebut. Namun hal itu langkah pendek itu memang masih kurang efektif untuk membuat aliran sungai ini bersih kembali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2209 seconds (10.177#12.26)