Sudin LH Jaktim Pakai Drone Awasi Warga Buang Sampah Sembarangan di Rawamangun

Minggu, 27 November 2022 - 12:07 WIB
loading...
Sudin LH Jaktim Pakai Drone Awasi Warga Buang Sampah Sembarangan di Rawamangun
Sudin LH Jakarta Timur melakukan pengawasan terhadap peserta Car Free Day (CFD) di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (27/11/2022). Hal itu dilakukan untuk mengawasi peserta CFD membuang sampah sembarangan. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Lingkungan Hidup ( Sudin LH ) Jakarta Timur melakukan pengawasan terhadap peserta Car Free Day ( CFD ) di Rawamangun, yang membuang sampah sembarangan . Kali ini, Sudin LH Jakarta Timur melakukan pengawasan menggunakan drone.

Pengawasan menggunakan drone ini dilakukan hasil kerja sama dengan Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Sudin Kominfotik) Jakarta Timur. Sudin LH melakukan razia operasi tangkap tangan (OTT) kepada para pembuang sampah sembarangan menggunakan drone udara.

Menurut Kasie Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Sudin LH Jakarta Timur, Latifah Hanum, terobosan ini dilakukan secara uji coba pada kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (KBKB). Ia mengatakan, kegiatan KBKB yang dilaksanakan di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, pada setiap di minggu keempat setiap bulannnya, menjadi momentum yang tepat untuk penerapan OTT tersebut.

Sudin LH Jaktim Pakai Drone Awasi Warga Buang Sampah Sembarangan di Rawamangun


"Jadi OTT ini kalau kami sebutnya Wasdak, pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran kebersihan, yang sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2013. Kegiatan ini kami laksanakan setiap Minggu," ujar Latifah di lokasi, Minggu (27/11/2022).



Latifah juga mengungkapkan, kegiatan OTT Wasdak tersebut, merupakan bagian dari instruksi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono guna menciptakan budaya kebersihan dan menjaga lingkungan bagi warga Ibu Kota.

"Nah pelaksanaannya di kota ini (Jaktim), untuk yang pertama kali, selain secara manual, wasdaknya juga dibantu dengan menggunakan drone yang didukung oleh Sudin Kominfotik Jakarta Timur. Ini kita lakukan dengan sesuai arahan Pj Gubernur, bahwa pelanggaran terhadap kebersihan itu bisa dilakukan dengan menggunakan drone," terang Latifah.

Dalam pantauannya, drone diterbangkan di sekitar lokasi Jalan Pemuda sembari mengawasi kegiatan warga yang berolahraga. Apabila tertangkap kamera drone, warga yang tengah asyik membuang sampah sembarangan, akan ditegur oleh petugas LH dan dibawa ke Posko guna dimintai pertanggung jawaban.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)