Simak! Tempat Booster Kedua Lansia di Jakarta: Jenis Vaksin dan Syarat

Rabu, 23 November 2022 - 12:42 WIB
loading...
Simak! Tempat Booster Kedua Lansia di Jakarta: Jenis Vaksin dan Syarat
Fasilitas kesehatan di Jakarta mulai hari ini membuka vaksin booster kedua bagi lansia dan nakes. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mulai menyuntikan vaksinasi booster ke-2 atau dosis keempat hari ini, Rabu (23/11/2022). Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 Kelompok Lanjut Usia.

”Sudah dimulai hari ini (vaksinasi booster ke-2),” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama, Rabu (23/11/2022). Baca juga: Epidemiolog UI Sarankan 2 Kelompok Ini Segera Booster Kedua, Siapa Aja?

Ngabila menegaskan bahwa vaksinasi booster ke-2 telah tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (Faskes). ”Sudah tersedia di seluruh Faskes asal sesuai ketentuan di SE Kemenkes dan sudah memiliki tiket 4 di PeduliLindungi,” ucapnya.

Sebelumnya, Kabar baik untuk lanjut usia (Lansia), karena hari ini sudah bisa mendapatkan vaksin booster 2 (dosis keempat). Vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Kebijakan ini berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022. Baca juga: Vaksinasi Booster Kedua Butuh Cara Tak Biasa

”Adapun vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk lansia, bisa diberikan sekurang-kurangnya 6 bulan sejak booster pertama diberikan,” kata Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, M. Syahril dalam laman Sehat Negeriku yang dikutip Rabu (23/11/2022).

”Sementara bagi lansia yang belum booster pertama segera dapatkan booster pertama, Kami mengimbau agar para lansia dipastikan vaksinasi primernya harus dilengkapi dulu,” ungkapnya.

Berikut adalah regimen vaksin yang dapat digunakan untuk vaksinasi booster kedua bagi lansia, disesuaikan dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan pada suntikan booster pertama:

1. Kombinasi untuk booster pertama Sinovac

- AstraZeneca diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml
- Pfizer diberikan separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml
- Moderna diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
- Sinopharm diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
- Sinovac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
- Indovac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1793 seconds (11.97#12.26)